IKM gula semut diharapkan merambah pasar lokal

id Gula semut

IKM gula semut diharapkan merambah pasar lokal

Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo meninjau gudang gula semut curah di Kecamatan Kokap. Pemkan Kulon Progo merencakan akan mengembangkan industri agro gula semut untuk menaikan nilai jual komoditas unggulan wilayah setempat. (Humas Kabupaten Kulon Prog

Kulon Progo (Antara Jogja) - Dinas Perdagangan Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendorong pelaku industri kecil menengah gula semut merambah pasar lokal sehingga pemasarannya semakin luas.

"Gula semut yang selama ini dijual dalam bentuk curah ke luar negeri dapat memiliki pasar lokal dalam penjualan bentuk kemasan kecil atau sachet yang mempunyai nilai tambah lebih tinggi," kata Kepala Dinas Perdagangan Kulon Progo Niken Probo Laras di Kulon Progo, Jumat.

Ia mengatakan melalui kegiatan penumbuhan dan pengembangan industri berbasis agro, produk gula semut memiliki harga tawar dipasaran. Sehingga, harga gula semut tidak dipermainkan pasar atau eksportir.

"Gula semut harus menjadi produk yang memiliki nilai jual tinggi dan memiliki daya tawar kepada pasar," harapnya.

Selain itu, kata Niken, ke depan Kulon Progo memiliki peluang pasar lokal sangat besar bagi para pengrajin olahan gula semut dengan adanya pembangunan Bandara Internasional di Kulon Progo, yang memiliki berbagai efek dengan bertumbuhnya kawasan perumahan dan perhotelan di Kulon Progo.

"Kami berharap IKM gula semut bisa ikut berperan sebagai pemasok kebutuhan makanan di kawasan bandara," katanya.

Sementara itu, Kepala Bidang Industri Dinas Perdagangan Kulon Progo Dewantoro meminta pelaku IKM gula semut menjaga mutu dan kualitas gula semut Kulon Progo yang memiliki taste unik berbeda dari daerah lain.

Selain itu, ia meminta agar para pelaku industri gula semut selalu memperhatikan aspek keselamatan kerja, kesehatan dan kebersihan, serta diminta agar para pelaku usaha industri gula semut membentuk paguyuban atau merevitalisasi asosiasi atau paguyuban yang sudah ada.

"Tujuannya gula semut Kulon Progo memiliki bargaining position yang kuat," katanya.

(U.KR-STR)