Polsek Panjatan tingkatkan patroli objek wisata pantai

id patroli pantai

Polsek Panjatan tingkatkan patroli objek wisata pantai

ilustrasi (Foto ANTARA/Sidik)

Kulon Progo, (Antara Jogja) - Kepolisian Sektor Panjatan, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, meningkatkan patroli di kawasan objek wisata pantai untuk mencegah gangguan keamanan dan ketertiban.

Anggota Polsek Panjatan Kanit Provos Aiptu Tukiran di Kulon Progo, Minggu, mengatakan patroli dilakukan sepanjang pantai di Desa Garongan dan Desa Bugel yakni kawasaj Pantai Bugel.

"Patroli dalam rangka mencegah terjadinya pelanggaran hukum, gangguan keamanan dan tetertiban. Kami intensif melakukan patroli di kawasan pantai, khususnya Sabtu dan Minggu," kata Tukiran.

Ia mengatakan situasi masih kondusif, belum terlihat hal-hal yang menonjol maupun informasi yang mengarah pada hal-hal yang melanggar hukum.

Selain itu, pihaknya melakukan dialog dengn nelayan Pantai Bugel terkait hasil tangkapan ikan hingga kondisi laut saat ini.

"Kami juga melakukan dialog keamanan dan ketertiban terhadap warga nelayan, demi terciptanya kondisi pesisir pantai tetap kondusif," katanya.

Menurut dia, kawasan pesisir pantai menjadi atensi karena rawan sebagai tempat terjadinya pelanggaran hukum.

"Kapolsek telah memerintahkan kepada anggota untuk sering melakukan sambang, dan pantau warga serta wisatawan yang hendak berlibur di pantai wilayah hukum Polsek Panjatan khususnya di Pantai Bugel yang sering dikunjungi wisatawan," katanya.

Sementara itu, Kapolsek Temon Kompol Setyo Heri Purnomo bersama personel Polsek Temon melaksanakan pengamanan kegiatan larungan sesaji 10 Muharram (Suro) di Pantai Glagah, Temon.

Acara yang digelar rutin setiap tahun ini dalam rangka memperingati hari ke sepuluh dalam tahun baru Islam 1439 H, atau masyarakat jawa lebih dikenal dengan acara peringatan 10 Suro 1439 H.

Heri mengatakan kegiatan ini digelar tiap tahun sebagai bentuk rasa syukur kepada Tuhan sang Maha Pencipta. Ribuan warga dengan antusias mengikuti dan menyaksikan acara larung sesaji ini memadati Pantai Glagah.

"Kami menyiagakan personel di titik rawan tindak kejahatan. Harapannya agar tercipta situasi yang aman dan kondusif, sehingga baik pihak penyelenggara maupun warga yang menyaksikan kegiatan larungan merasa aman dan nyaman," katanya. ***2***

(KR-STR)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2021

Komentar