Wushu - Lindswell Kwok pertahankan predikat juara dunia

id Lindswell Kwok pertahankan predikat juara dunia

Wushu - Lindswell Kwok pertahankan predikat juara dunia

Atlet Wushu Indonesia Lindswell Kwok (ANTARA FOTO/SAPTONO)

Jakarta (Antara) - Atlet wushu Indonesia, Lindswell Kwok sukses mempertahankan predikat juara dunia setelah menjadi yang terbaik pada nomor andalannya yaitu taijiquan pada Kejuaraan Dunia Wushu 2017 di Rusia, 28 September-3 Oktober.

Berdasarkan data yang diterima dari tim media Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) di Jakarta, Senin, atlet asal Medan, Sumatera Utara yang juga peraih emas pada SEA Games 2017 Malaysia itu mampu mengumpulkan nilai tertinggi yaitu 9,67. 

Untuk perak direbut oleh atlet asal Vietnam, Tran Thi Khanh Ly dengan nilai 9,64 dan untuk perunggu direbut oleh atlet asal Jepang, Saito Shiho dengan nilai 9,62. 

"Saya bersyukur bisa mempertahankan tradisi emas. Hasil di kejuaraan dunia inii tidak lepas dari dukungan penuh dari PB WI," kata Lindswell Kwok dalam keterangannya.

Kesuksesan Lindweel ternyata belum mampu diikuti oleh atlet wushu disiplin taolu lainnya. Ada tiga atlet yang hanya mampu mempersembahkan medali perak yaitu Juwita Niza Wasni dari nomor nanquan, Ahmad Hulaefi dari nomor changquan dan Marvelo Edgar dari nomor daoshu.

Apa yang diraih oleh Lindswell sangat dipuji oleh PB WI. Menurut Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Herman Wijaya, apa yang diraih oleh atlet asal Medan ini adalah yang ketiga kalinya. Sebelumnya, Lindswell menjadi juara dunia pada 2013 dan 2015.

"Lindswell memiliki dedikasi yang tinggi. Begitu juga dengan semangat juangnya. Itu menjadi kunci untuk mempertahankan predikat juara dunia," katanya.

Pada Kejuaraan Dunia Wushu ke-14 di Rusia yang diikuti 60 negara ini, Indonesia berkekuatan 14 atlet yang terdiri atas delapan atlet taolu dan enam atlet Sanda (tarung). Tim ini dipimpin oleh manajer, Novita dan didampingi Sekjen PB WI, Ngatino.

Berikut nama atlet Indonesia di Kejuaraan Dunia Rusia :

Taolu (seni)

1. Achmad Hulaefi
2. Edgar xavier Marvelo
3. Erwein Wijayanto
4. M. Daffa Golden Boy
5. Boboe Valentinus Gunawan
6. Lindswell
7. Juwita Niza Wasni
8. Felda Elvira Santoso

Sanda (tarung)

1. Rosalina Simanjuntak
2. Selviah Pertiwi
3. Yusuf Widiyanto
4. Abdul Haris Sofyan
5. Hendrik Tarigan
6. Puja Riyaya

Pelatih Taolu
1. Zhang Yuening
2. Susyana Tjhan

Pelatih sanda
1. Liu Zhen
2. Marully
Manager : Novita. 

***4***(B016)