Polres Gunung Kidul luncurkan "Traffic Info Gunungkidul"

id Traffic Info Gunungkidul

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Kepolisian Resor Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, meluncurkan aplikasi "Traffic Info Gunung Kidul" yang diharapkan bisa mengurangi risiko kecelakaan dan mendukung kunjungan pariwisata.

Kapolres Gunung Kidul AKBP Muhammad Arif Sugiarto di Gunung Kidul, Selasa, mengatakan, tim IT membuat aplikasi tersebut agar pengguna bisa berhati-hati karena didalam aplikasi tidak hanya peta, tetapi juga wilayah tertentu diberikan tanda. Misalnya, rawan kecelakaan hingga rawan kemacetan.

"Aplikasi Traffic Info Gunung Kidul, diharapkan bisa di download masyarakat dan juga wisatawan yang ingin berkunjung ke Kabupaten Gunung Kidul," katanya.

Ia mengatakan, aplikasi ini bisa menunjukkan peta rawan kecelakaan, kemacetan, hingga tujuan wisata. Aplikasi ini bisa mengeluarkan suara peringatan saat akan melewati wilayah tersebut.

Arif menilai, dengan pembuatan aplikasi ini memudahkan masyarakat untuk mencegah kecelakaan. Pembuatan ini didasari tingginya angka kecelakaan di Kabupaten Gunung Kidul setiap tahunnya. Dari data yang ada 2017 kecelakaan mencapai 340 kasus, dengan korban jiwa 62 orang.

"Korban tewas rata-rata 80 persen merupakan usia produktif," katanya.

Kasat Lantas Polres Gunung Kidul AKP Mega Tetuko menambahkan aplikisi ini bisa diunduh di Google Playstore, aplikasi ini juga diberikan pin atau penanda daerah mulai rawan kecelakaan hingga rawan kemacetan. Tak hanya itu, juga menunjukan kantor polisi hingga lokasi wisata.

"Saat pengguna memencet pin, bisa menunjukkan foto situasi setempat dan keterangan lokasi."Didalam aplikasi ada nomor telepon langsung dapat dipencet dan terhubung kepada Satlantas dan dihubungkan petugas terdekat," ujarnya.

Mega mengaku aplikasi akan? di update setiap tiga bulan sekali sehingga tingkat kerawanan bisa di`update`. "Nanti terus di`update`," katanya.

Bupati Gunung Kidul Badingah mengatakan Traffic Info Gunung Kidul untuk masyarakat dan wisatawan akan semakin aman dan nyaman.

"Aplikasi ini wujud dukungan Polres kepada pemkab dan masyarakat," katanya.


(U.KR-STR)