Imunisasi MR Gunung Kidul capai 98,50 persen

id imunisasi

Imunisasi MR Gunung Kidul capai 98,50 persen

Ilustrasi (foto)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Dinas Kesehatan Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta mencatat partisipasi imunisasi campak dan rubela (Measles Rubella/MR) mencapai 98,50 persen.

Kepala Dinas Kesehatan Gunung Kidul Dewi Irawaty,?di Gunung Kidul, Kamis, mengatakan Dinkes setempat tetap akan melakukan penyisiran terhadap anak yang belum mendapatkan vaksin.

"Dari target 147 ribu anak, yang sudah melaksanakan vaksin MR mencapai 98,50 persen sampai ditutup akhir September kemarin," kata Dewi.

Dia mengatakan di Gunung Kidul capaian itu terhitung tinggi karena melebihi rata-rata di Provinsi DIY yang capaiannya kisaran 95,7 persen. Namun diakuinya masih ada penolakan di pesantren wilayah Nglipar dan Playen, tetapi jumlahnya tidak signifikan.

"Partisipasinya sudah melebihi rata-rata provinsi. Selama pemberian vaksin yang berlangsung dua bulan, tingkat partisipasi warga tinggi," katanya lagi.

Dewi mengatakan dengan capaian itu, seharusnya imunisasi tidak diperpanjang. Namun pihaknya tetap membuka layanan bagi masyarakat yang ingin melaksanakan imunisasi.

"Kami masih membuka kesempatan dan?akan terus melakukan penyisiran," katanya pula.

Kepala Seksi Surveilans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Gunung Kidul Niken Widyawati menambahkan, pihaknya masih melakukan penyisiran di sejumlah wilayah yang kemungkinan wilayah tercecer.

"Minggu ini akan kami sisir wilayah yang kemungkinan belum mendapatkan imunisasi," katanya.

Ia menyatakan imunisasi ini diharapkan dapat menekan penyebaran penyakit campak dan rubella.

"Kami bersyukur partisipasi masyarakat di Gunung Kidul baik, sehingga membuktikan masyarakat sudah menyadari tentang kesehatan," katanya pula.
KR-STR