Indonesia cermat pilih pemain hadapi Tiongkok

id bulu tangkis

Ilustrasi (istw)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Tim bulu tangkis junior Indonesia akan memilih pemain dengan cermat untuk menghadapi tim kuat Tiongkok di babak delapan besar BWF World Junior Championships yang akan digelar Kamis (12/10) di Yogyakarta.

"Strateginya adalah memilih siapa saja pemain yang akan diturunkan. Kami akan pilih pemain yang cocok menghadapi susunan pemain yang akan diturunkan lawan agar bisa merebut kemenangan," kata Manajer Tim Bulu Tangkis Junior Indonesia Susy Susanti di Yogyakarta, Rabu.

Menurut Susy, tim Tiongkok diperkirakan akan menurunkan pemain-pemain terbaik mereka di babak delapan besar sehingga tantangan yang dihadapi pemain tuan rumah akan semakin berat dibanding tiga pertandingan awal yang telah mereka jalani.

"Mereka harus selalu fokus, tidak mudah menyerah dan terus bekerja keras. Menang atau kalah, itu urusan belakang," ucap Susy.

Ia pun mengingatkan agar seluruh pemain yang nantinya diturunkan dalam laga melawan Tiongkok harus selalu berpikir positif agar mereka bisa menunjukkan permainan terbaik yang dimiliki.

Beberapa sektor yang akan menjadi andalan Indonesia di babak delapan besar di antaranya berasal dari tunggal putri, ganda putri dan ganda campuran meskipun di tunggal putra dan ganda putra juga siap merebut angka.

Indonesia melangkah ke babak delapan besar setelah mengandaskan Spanyol dengan skor telak 3-0.

Angka pertama untuk tuan rumah dipersembahkan oleh pasangan ganda putra Indonesia yang tampil pada partai pertama Muhammad Shohibul Fikri/Adnan Maulana membukukan keunggulan tuan rumah setelah menang dua gim langsung atas pasangan Jose Molares/Alvaro Vazquez 21-12, 21-14.

Angka kedua untuk tim tuan rumah disumbang dari sektor tunggal putri. Aurum Oktavia Winata yang baru tampil untuk pertama kalinya di nomor beregu campuran mengalahkan pemain andalan Spanyol Sara Penalver Pereira juga dalam dua gim langsung 21-12, 21-17.

Indonesia memastikan langkah ke babak delapan besar melalui kemenangan tunggal putra Gatjra Piliang Fiqihilahi Cupu atas Alex Alcala Dominguez 21-13, 21-11.

Sedangkan Tiongkok melaju ke babak delapan besar setelah mengalahkan Taiwan dengan skor 4-1.

Pasangan ganda campuran Tiongkok Fan Qiuyue/Liu Xuanxuan menyumbang angka pertama setelah menang dua gim langsung atas pasangan Taiwan Chia Hao Lee/Teng Cun Hsun 21-17, 21-18.

Tiongkok menambah keunggulan setelah Gao Zhengze menang di partai tunggal putra atas Lin Chun Yi melalui pertandingan tiga gim 21-8, 16-21, 21-13.

Di partai ketiga, tunggal putri Tiongkok Han Yue menambah keunggulan setelah menang dua gim 21-13, 21-18 atas Lin Jhih Yun.

Taiwan mampu mencuri angka dari partai keempat saat pasangan ganda putra mereka Lu Chen/Ye Hong Wei menang 21-17, 22-20 atas pasangan Tiongkok Di Zijian/Wang Chang.

Namun di partai kelima, tim Tiongkok kembali menunjukkan kekuatannya melalui pasangan ganda putri mereka Liu Xuanxuan/Xia Yuting setelah menang 21-11, 21-17 atas pasangan Li Zi Qing/Teng Chun Hsun.

Sementara itu, Pelatih Tim Bulu Tangkis Junior Tiongkok Zhu Wii Lun mengatakan, Indonesia bukan tim yang bisa diremehkan karena setiap sektor diisi oleh pemain-pemain yang berkualitas.

"Kami akan berusaha bermain maksimal untuk meraih angka demi angka serta menyuguhkan pertandingan yang menarik. Kami tidak 100 persen yakin bisa menang, tetapi akan tetap berusaha yang terbaik," ujar Zhu. ***4***

(E013)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar