Rabu, 18 Oktober 2017

Pemda siapkan beragam perayaan pascapelantikan Gubernur DIY

id pelantikan sultan
Yogyakarta, (Antara Jogja) - Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta sedang menyiapkan beragam acara perayaan pascapelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY periode 2017-2022.

"Pascapelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY ada beragam agenda (perayaan) yang sedang kami `setting`," kata Sekretaris Daerah Istimewa Yogyakarta Gatot Saptadi saat ditemui di Kantor Kepatihan Yogyakarta, Rabu.

Menurut Gatot, meski masih dimatangkan bersama dinas terkait, perayaan yang akan gelar oleh Pemda DIY antara lain berupa kenduri di Bangsal Kepatihan yang dihadiri warga Yogyakarta dan SKPD DIY. Acara serupa dilanjutkan di kantor pemerintah lima kabupaten/kota.

Selanjutnya, perayaan juga akan diwujudkan dalam bentuk mujahadah serta doa bersama dengan tokoh lintas agama. Acara itu rencananya digelar di Pagelaran Keraton Yogyakarta, Siti Hinggil Keraton Yogyakarta dan Puro Pakualaman.

Meski demikian, kata Gatot, agenda utama yang wajib disiapkan pascapelantikan Gubernur dan Wagub DIY adalah pidato Sultan Hamengkubuwono X yang akan disampaikan dalam Sidang Paripurna Istimewa DPRD DIY pada 16 Oktober 2017.

"Setelah acara pidato Gubernur DIY mungkin akan ada acara tumpengan bersama rakyat dan jajaran pimpinan legislatif," kata dia.

Selain diselenggarakan oleh Pemda DIY, menurut Gatot, ada pula acara perayaan yang rencananya akan disiapkan sendiri oleh berbagai komunitas beserta warga Yogyakarta.

"Prinsipnya kami mengakomodir baik yang digelar Pemda maupun masyarakat. Kita sama-sama `mangayubagyo` (ikut merayakan dan berbahagia)," kata dia.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo secara resmi melantik Sri Sultan Hamengkubuwono X dan Kanjeng Gusti Pangeran Adipati Aryo Paku Alam X sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) periode 2017-2022 di Istana Negara pada Selasa (10/10). ***2***



(L007)


Editor: Victorianus Sat Pranyoto

COPYRIGHT © ANTARA 2017

Baca Juga