UGM-Pepsodent periksa gigi penjual angkringan secara gratis

id pepsodent

Seorang siswa SD diperiksa giginya secara gratis di RSGM Prof Soedomo FKG UGM dalam rangka Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2017. (istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Fakultas Kedokteran Gigi Universitas Gadjah Mada bekerja sama dengan Pepsodent dan Dompet Dhuafa menggelar pemeriksaan dan perawatan kesehatan gigi secara gratis bagi siswa sekolah dasar, pemulung, dan penjual angkringan pada 12-14 Oktober 2017.

"Sebanyak 200 siswa sekolah dasar serta 120 penjual angkringan dan pemulung akan diperiksa giginya secara gratis di Rumah Sakit Gigi dan Mulut (RSGM) Prof Soedomo Fakultas Kedokteran Gigi (FKG) UGM," kata Dekan FKG UGM Ahmad Syaifi di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka memeriahkan Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) itu melibatkan 130 dokter spesialis dan 200 mahasiswa profesi FKG UGM.

"Pemeriksaan dan perawatan gigi gratis itu mengkampanyekan bagi keluarga untuk memeriksa kesehatan gigi secara rutin. Masyarakat diharapkan sering memeriksakan gigi dan rongga mulut, serta tidak menunggu sakit untuk datang ke dokter gigi," katanya.

Ia mengatakan, mencegah terjadi penyakit pada gigi dan rongga mulut sangat penting daripada datang ke dokter gigi setelah terjadi sesuatu pada gigi. Terjadinya penyakit gigi berlubang disebabkan kurangnya perawatan dan menyikat gigi tidak tepat waktu.

"Meskipun sekitar 90 persen masyarakat Indonesia sudah menyikat gigi, tetapi hanya 2,3 persen yang menyikat gigi tepat waktu dan rutin,? katanya.

Menurut dia, program pemerintah yang menargetkan Indonesia bebas karies gigi pada 2030 perlu didukung dengan edukasi kepada masyarakat.

"Selain menyikat gigi, masyarakat juga perlu menjaga pola konsumsi makanan yang tidak menyebabkan gigi cepat rusak," kata Syaifi.

Division Head for Health & Wellbeing and Professional Institutions Yayasan Unilever Indonesia Ratu Mirah Afifah mengatakan Pepsodent konsisten dalam menekan jumlah penderita gigi berlubang di Indonesia.

"BKGN merupakan agenda rutin tahunan kami, di mana setiap tahun kami mengangkat tema untuk pesan edukatif kesehatan gigi yang berbeda. Tahun ini, BKGN mengusung tema `Merdeka dari Gigi Berlubang`," katanya.

Dengan tema itu, menurut dia, Pepsodent mengajak keluarga Indonesia memeriksakan kesehatan gigi secara teratur serta memilih asupan camilan bertekstur dan bernutrisi seimbang.

"Hal itu merupakan komitmen kami dalam memberikan perlindungan terbaik untuk kesehatan gigi dan mulut masyarakat Indonesia," kata Mirah.

(U.B015)










































































































Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar