105 institusi keuangan Syariah menerima penghargaan Infobank

id keuangan Syariah

105 institusi keuangan Syariah menerima penghargaan Infobank

Ilustrasi bank syariah (foto bisnis-jabar.com) (bisnis-jabar.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Sebanyak 105 perusahaan keuangan syariah meraih penghargaan "Infobank Sharia Finance Award 2017" di Yogyakarta, Jumat sore, berdasarkan hasil penilaian kinerja mereka selama 2016.

"Penghargaan ini sebagai bentuk apresiasi kami terhadap perusahaan keuangan syariah yang memiliki kinerja baik, sekaligus memacu kompetensi dan kinerja bagi perusahaan keuangan yang menerapkan prinsip syariah lainnya," kata Pemimpin Redaksi Majalah Infobank Eko B Supriyanto di sela acara "6th Infobank Sharia Finance Award 2017".

Menurut Eko, Biro Riset Infobank telah melakukan rating terhadap 270 institusi keuangan syariah atas kinerja keuangan mereka selama periode 2015-2016. "Hasil rating menunjukkan 105 perusahaan keuangan syariah meraih predikat `sangat bagus`," kata dia.

Ke-105 perusahaan keuangan syariah yang mendapatkan penghargaan tersebut terdiri atas 68 bank pembiayaan rakyat syariah (BPRS) dari total 161 BPRS yang di-rating. Selain itu, ada enam unit usaha syariah (UUS) perusahaan asuransi jiwa dari total 20 perusahaan yang di-rating, dua perusahaan asuransi jiwa syariah, 10 UUS asuransi umum, 13 UUS bank umum, dan enam bank umum syariah (BUS) dari total 13 BUS yang di-rating.

Selain itu, dari 105 institusi keuangan syariah yang berhasil meraih predikat "sangat bagus`, menurut dia, ada 23 institusi keuangan syariah yang meraih penghargaan "Golden Trophy" karena berhasil meraih predikat sangat bagus selama lima tahun berturut-turut.

Eko mengatakan potensi nasabah perbankan atau perusahaan keuangan syariah di Indonesia cukup besar, namun baru lima persen dari potensi yang ada yang berhasil digarap.

"Potensi pengelolaan di tingkat manajemen mereka perlu terus ditingkatkan. Jangan sampai mereka terjebak masalah lama yakni `non performing loan (NPL)` atau kredit bermasalah," kata dia.

Ia menilai, pertumbuhan itu terutama terlihat pada perbankan syariah yang memiliki unit usaha syariah (UUS). "Oleh sebab itu saya berharap Otoritas Jasa Keuangan (OJK) tidak perlu memaksa UUS yang dimiliki perbankan syariah untuk berdiri sendiri karena `service level` mereka juga bisa berubah," kata Eko.

Ajang "Infobank Sharia Finance Award 2017" adalah ajang pemberian penghargaan tahunan yang dilakukan oleh Majalah Infobank kepada institusi keuangan syariah nasional. Tahun ini merupakan tahun keenam acara penganugerahan itu.


(T.L007)