Masyarakat akademik diharapkan berperan aktif bantu Rohingya

id UII

Masyarakat akademik diharapkan berperan aktif bantu Rohingya

Rektor UII Nandang Sutrisno (istimewa)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Masyarakat akademik diharapkan berperan aktif membantu Rohingya dan memberikan solusi yang membangun, kata Rektor Universitas Islam Indonesia Yogyakarta Nandang Sutrisno.

"Sikap masyarakat akademik yang peduli dapat menggerakkan elemen-elemen masyarakat lainnya dalam memberi dukungan moril bagi etnis Rohingya," katanya pada "Aksi Solidaritas untuk Rohingya" di Auditorium Kahar Muzakkir Kampus Terpadu UII Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, salah satu upaya solutif yang sejauh ini telah dilakukan oleh sivitas akademika UII antara lain melalui berbagai kajian akademik dan diskusi, baik yang dilakukan oleh internal kampus maupun diskusi yang juga melibatkan pakar dari eksternal.

"Kami juga berpesan agar masyarakat di Indonesia hendaknya tidak melakukan aksi yang berlebihan yang merugikan dalam menilai persoalan krisis kemanusiaan Rohingya, yang justru dapat berdampak negatif bagi stabilitas negara," kata Nandang.

Pakar hukum internasional Fakultas Hukum UII Jawahir Thontowi mengatakan Indonesia pada dasarnya tidak berkewajiban menampung pengungsi Rohingya karena Indonesia tidak menandatangani statuta pengungsi PBB. Namun, aksi Indonesia lebih kepada kewajiban atas dasar kemanusiaan.

Menurut dia, pemberian bantuan kemanusiaan penting sebagai bentuk dukungan masyarakat sipil internasional kepada Rohingya sekaligus tekanan kepada pemerintah Myanmar agar memperbaiki kebijakannya.

"Gelombang pengungsi suku Rohingya di berbagai tempat dapat menjadi masalah multidimensional jika tidak disikapi serius oleh badan-badan internasional dan negara-negara di sekitarnya," kata Guru Besar Fakultas Hukum UII itu.

"Aksi Solidaritas untuk Rohingya" yang diselenggarakan UII itu dihadiri sivitas akademika dan mendapat dukungan dari lembaga kemanusiaan Aksi Cepat Tanggap (ACT).

Dalam aksi tersebut, hasil penggalangan dana yang dilakukan UII senilai Rp100 juta diserahkan Rektor UII Nandang Sutrisno kepada Head of Marketing and Communication ACT DIY Bagus Suryanto. 

(U.B015)





















































































Pewarta :
Editor: Bambang Sutopo Hadi
COPYRIGHT © ANTARA 2024