Dishub benahi papan nama jalan penulisannya keliru

id bantul

Dishub benahi papan nama jalan penulisannya keliru

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa) (istimewa)

Bantul (Antara Jogja) - Dinas Perhubungan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, segera membenahi sejumlah papan nama jalan di beberapa ruas jalan daerah ini karena ahli bahasa menilai penulisannya keliru.

"Kami kemarin sudah koordinasi antara penyedia barang dan ahli dari UGM. Saya sudah sinkron akan kami benahi beberapa yang menurut mereka salah penulisannya," kata Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Bantul Aris Suharyanta di Bantul, Selasa.

Menurut dia, dalam koordinasi dengan berbagai pihak terkait setidaknya ada sekitar enam sampai delapan papan atau plang nama jalan yang sudah terpasang di wilayah Bantul yang penulisannya keliru sehingga pihaknya harus membenahi atau menggantinya.

"Nanti akan diganti dengan tulisan yang betul. Kemarin, sudah koordinasi dan saya kira pekan ini (pembenahan) mulai dilaksanakan, teknis dicabut dan diganti. Itu pekerjaan dari pihak ketiga," katanya.

Aris menjelaskan bahwa kekeliruan tulisan papan nama jalan di Bantul itu sebenarnya bukan karena salah tulis, melainkan perbedaan pemahaman antara ahli bahasa satu dan yang lain, bahkan penyedia barang sudah melakukan konsultasi sebelumnya.

"Itu awalnya karena lain pemahaman sebetulnya, jadi rekanan itu sudah konsultasi dengan ahli bahasa. Namun, ini yang mengkritik ahli bahasa yang lain. Kemarin kami sudah bertemu dan menyinkronkan, akhirnya ketemu juga," katanya.

Dengan demikian, kata dia, menurut penyedia barang atau rekanan yang memasang papan nama jalan itu tidak keliru dan sudah benar, hanya ada pemahaman dari ahli lain yang memandang perlu memperbaiki tulisan di papan nama jalan itu.

"Jadi, memang membutuhkan koordinasi dari berbagai pihak untuk melakukan kajian-kajian. Harapannyaa ini tidak menjadi persoalan nantinya," katanya.

KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024