Pemkab Bantul : penurunan harga bawang merah aman

id bawang merah

Pemkab Bantul : penurunan harga bawang merah aman

Ilustrasi pedagang bawang merah (antaranews.com)

Bantul (Antara) - Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan penurunan harga bawang merah di tingkat pedagang pasar tradisional pada pekan ini masih dalam batas aman.

"Kalau bagi saya harga masih batas aman, bahkan dengan kisaran harga Rp17 ribu per kilogram itu masih bagus," kata Kepala Dinas Pertanian, Pangan, Kelautan dan Perikanan Bantul Pulung Haryadi di Bantul, Rabu.

Informasi dari Dinas Perdagangan Bantul menyebutkan harga bawang merah di pasar tradisional pekan ini rata-rata Rp17 ribu per kg, mengalami penurunan harga dibanding pekan sebelumnya yang masih berkisar Rp20 ribu per kg.

Menurut dia, dengan harga kisaran Rp17 ribu per kg tersebut masih tetap menguntungkan petani bawang meskipun sebelumnya ditampung lewat pengepul, sehingga memang tidak perlu ada upaya atau langkah dari dinas untuk mengatasi hal itu.

"Kalau harganya di kisaran Rp11 ribu per kg itu baru agak mengkhawatirkan, petani masih untung, tetapi sedikit, tetapi kan terkadang dalam usaha tidak perlu untung terus, kadang paling tidak bisa kembali modal," katanya.

Ia menjelaskan, dengan harga bawang merah pada kisaran Rp17 ribu per kg itu bisa diprediksi dari pengepul harganya sekitar Rp15 ribu per kg, sementara mengambil dari petani tidak jauh dari harga tersebut.

Pulung memprediksi, penurunan harga bawang merah pada pekan ini karena stok di pengepul melimpah, namun itu merupakan stok lama dari panen bawang terakhir, karena menurutnya pada musim ini sudah tidak ada lagi panen bawang.

Sementara itu, ia mengatakan, total luasan lahan bawang merah di Bantul pada musim taman 2017 mencapai seluas 700 hektare tersebar di beberapa kecamatan dengan produksi rata-rata 12 ton bawang per hektare.

"Untuk saat ini lahan (bekas tanaman bawang merah) itu sudah mau ditanami padi, bahkan hampir sebagian besar lahan pertanian di Bantul saat ini ditanami padi, karena sudah memasuki awal musim hujan," katanya.

Sementara itu, Kasi Distribusi dan Harga Barang Kebutuhan Pokok Dinas Perdagangan Bantul Handayani mengatakan, hasil pantauan petugas, harga bawang merah di pedagang pasar pekan lalu berkisar antara Rp19.000 sampai Rp20.000 per kg, sementara pekan ini rata-rata Rp17.000 per kg.

Tiga pasar tradisional di Bantul yang rutin dipantau petugas Dinas Perdagangan guna mengetahui pergerakan harga kebutuhan pokok yaitu Pasar Bantul, Pasar Niten dan Imogiri yang merupakan pasar besar.

"Penurunan harga bawang merah sudah sejak sepekan terakhir, sebelumnya harganya sempat turun, namun minggu lalu naik, kemudian minggu ini turun lagi, terakhir harganya rata-rata Rp17.000 per kg," katanya.

(KR-HRI)