AELI DIY akan selenggerakan Festival Laguna Depok

id laguna depok

Bantul, (Antara Jogja) - Asosiasi Experiential Learning Indonesia (AELI) Daerah Istimewa Yogyakarta akan menyelenggarakan Festival Laguna Depok di kawasan Laguna Pantai Depok Parangtritis, Kecamatan Kretek, Kabupaten Bantul, DIY, pada 28 dan 29 Oktober 2017.

"Festival Laguna Depok diselenggarakan dalam rangka Hari Sumpah Pemuda yang jatuh pada 28 Oktober, dan festival tersebut merupakan yang pertama kali di DIY," kata Ketua Panitia Festival Sofyan Adhi dalam konferensi pers di Bantul, Kamis.

Menurut dia, Festival Laguna Depok dengan tema `AELI untuk Jogja` tersebut dikemas dalam berbagai bentuk acara di antaranya apel dan ikrar Sumpah Pemuda, sosialisasi Experiential Learning, performance komunitas dan mengenalkan aktifitas serta hiburan tradisional dan modern.

Ia mengatakan, Festival Laguna Depok yang pertama kali diselenggarakan AELI DIY tersebut bekerja sama dengan karang taruna Desa Parangtritis, komunitas dan relawan dengan mendapat dukungan dari Dinas Pariwisata (Dispar) DIY dan pemerintah kabupaten Bantul.

"Untuk peserta berasal dari berbagai komunitas di DIY, provider outbond, toko adventure, seniman dan lain-lain. Sedangkan target audiens yaitu masyarakat umum, pecinta adeventure, olahraga mania, akademisi dan siwa," katanya.

Menurut dia, Festival Laguna Depok yang rencananya akan dibuka Wakil Gubernur DIY Paku Alam X dan dihadiri pejabat pemda itu dimeriahkan puluhan stan komunitas dan aksi seni budaya untuk meramaikan kegiatan peringatan Sumpah Pemuda tersebut.

"Target kita festival ini bisa menarik minat pengunjung sebanyak-banyaknya, karena event ini gratis tidak ada biaya ke Laguna, melainkan hanya membeli tiket masuk kawasan Pantai Depok. Dan ke depan ini akan menjadi ageda tahunan AELI DIY," katanya.

Sementara itu, ia mengatakan, dalam ikrar Sumpah Pemuda yang diikuti pemuda pemudi Istimewa Jogja itu dilanjutkan dengan pelantikan DPD AELI DIY, yang kemudian dilanjutkan dengan penampilan musik dari Salatiga dan dilanjut dengan pameran komunitas seperti atraksi kayak, penahan dan lempar pisau.

"Kemudian pada Sabtu (28/10) malam diadakan talkshow dengan tema `Pembentukan Karakter Pemuda Pemudi Indonesia disandingkan dengan Pariwisata`. Kegiatan ini sekaligus mengangkat potensi wisata Laguna Depok," katanya.***1***

(KR-HRI)