Asosiasi jip wisata gelar Sedekah Merapi

id jip wisata

Asosiasi jip wisata gelar Sedekah Merapi

Objek wisata "Volcano Tour" Merapi (Foto antaranews.com)

Sleman (Antara) - Asosiasi Jip Wisata Lereng Merapi baik di wilayah Cangkringan maupun Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta melakukan upacara Sedekah Merapi di Banker Kaliadem/Batu Gajah, Kepuharjo, Cangkringan, Kamis.

Hadir pada upacara itu, antara lain Kepala Desa Kepuharjo Heri Suprapto, Kapolsek Pakem, Ketua Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi Wilayah Timur Bambang Sugeng/Babe, dan Ketua Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi Wilayah barat Daldiri.

Upacara Sedekah Merapi dilakukan dengan beberapa "ubo rampe" berupa nasi gurih beserta ingkung ayam yang jumlahnya cukup banyak serta beberapa jajan pasar.

"Jumlah ingkung dan tumpeng tersebut sebanyak 29, karena jumlah asosiasi jip wisata yang ada di Cangkringan maupun Pakem ada 29, dengan jumlah armada jip 700 kendaraan," kata Bambang Sugeng lagi.

Menurut dia, upacara Sedekah Merapi tersebut memang baru diadakan yang pertama kalinya, untuk mengenang tujuh tahun erupsi Gunung Merapi 26 Oktobner 2010.

"Erupsi Merapi yang terjadi tujuh tahun silam mengingatkan kita agar lebih tawakal dan beriman kepada Tuhan Yang Maha Esa bahwa manusia sebagai kecil di hadapan Allah SWT," katanya pula.

Daldiri menambahkan bahwa erupsi Merapi yang terjadi tujuh tahun silam juga membawa berkah bagi warga masyarakat, terutama bagi mereka yang bisa menerima apa adanya.

"Upacara Sedekah Merapi akan dijadikan agenda tahunan dan Insya Allah bisa menarik wisatawan baik domestik maupun mancanegara yang berbaur dengan masyarakat saat upacara Sedekah Merapi menikmati dahar kembul dengan masyarakat," katanya pula.***4***

(V001)



Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024