Panwaslu Kulon Progo tutup pendaftaran panwascam

id pendaftaran panwascam

Panitiwa Pengawas Pemilihan Umum Kabupaten Kulon Progo, DIY. (Foto ANTARA/Mamiek)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Panitia Pengawas Pemilu Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta menutup pendaftaran panitia pengawasan tingkat kecamatan karena jumlah pendaftar mencapai 157 orang.

Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Panwaslu Kulon Progo Ria Harlinawati di Kulon Progo, Sabtu, mengatakan dalam masa pendaftaran, Panwaslu Kulon Progo telah melakukan beberapa langkah antisipasi, agar kuota miniminal 9 pendaftar per kecamatan terpenuhi.

"Salah satunya dengan membuka posko pendaftaran di delapan kantor kecamatan yang memiliki jarak tempuh cukup jauh dari kantor Panwaslu Kabupaten Kulon Progo," kata Ria.

Ia mengatakan delapan kecamatan yang terdapat posko pendaftaran, yakni Kecamatan Samigaluh, Nanggulan, Kalibawang, Girimulyo, Kokap, Lendah, Galur, dan Sentolo. Posko tersebut dibuka pada 23-25 Oktober 2017.

"Delapan kecamatan tersebut juga dinilai cukup minim pendaftar, sehingga Panwaslu Kulon Progo berharap dengan dibukanya posko pendaftaran di kantor kecamatan meningkatkan jumlah pendaftar di kecamatan tersebut," ucapnya.

Ria mengatakan di hari-hari terakhir pendaftaran, animo masyarakat untuk mendaftar sebagai Panwaslu Kecamatan melonjak tinggi.

"Dibanding pilkada maupun pemilu sebelumnya, minat masyarakat Kulon Progo dalam pendaftaran," ujarnya.

Koordinator Divisi Organisasi dan SDM Panwaslu Kulon Progo Suryono mengatakan panwaslu kecamatan Pemilu 2019 ini dapat dikatakan mengalami peningkatan. Total pendaftar untuk seluruh Kabupaten Kulon Progo adalah157 orang, terdiri dari 102 pendaftar laki-laki dan 55 pendaftar perempuan.

Setelah selesai tahap pendaftaran, maka saat ini Panwaslu Kabupaten Kulon Progo tengah melaksanakan penelitian berkas pendaftaran. Nantinya peserta yang dinyatakan lolos seleksi administrasi berhak mengikuti tes tertulis yang rencananya akan dilaksanakan pada 4 November 2017.

"Pengumuman pendaftar yang lolos seleksi administrasi akandimumukan melalui pengumuman yang ditempel di 12 kantor kecamatan ataupun di website www.panwaslukp.com," kata Suryono.



(U.KR-STR)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar