148 pendaftar lolos seleksi administrasi Panwascam Yogyakarta

id pemilu

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Panitia Pengawas Pemilu Kota Yogyakarta menyatakan sebanyak 148 pendaftar lolos seleksi administrasi sebagai calon panitia pengawas kecamatan sehingga berhak mengikuti tes tertulis pada 4 November 2017.

"Jumlah warga yang mengambil berkas pendaftaran cukup banyak mencapai 180 orang, namun yang mengembalikan berkas hanya 152 orang. Setelah dilakukan seleksi administrasi, hanya ada 148 pendaftar yang lolos dan bisa mengikuti tes tertulis," kata Koordinator Divisi Organisasi dan Sumber Daya Manusia Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Yogyakarta Noor Harsya Aryosamodro di Yogyakarta, Selasa.

Tiga pendaftar dinyatakan tidak lolos seleksi administrasi karena usianya belum memenuhi syarat minimal usia untuk menjadi anggota panitia pengawas kecamatan, sedangkan satu pendaftar lain tidak menyerahkan berkas atau dokumen syarat pendaftaran sehingga dianggap gugur.

Meskipun total jumlah pendaftar sudah melebihi target pendaftar yang ditetapkan, masih ada lima kecamatan yang belum memenuhi syarat minimal jumlah pendaftar sebanyak sembilan orang yaitu Kecamatan Gedongtengen, Gondomanan, Jetis, Ngampilan, dan Wirobrajan.

Di kelima kecamatan tersebut, rata-rata jumlah pendaftar berkisar antara enam hingga delapan orang. Sedangkan sembilan kecamatan lain memiliki jumlah pendaftar cukup banyak yaitu sembilan hingga 23 pendaftar.

Harsya menyebut, komposisi laki-laki dan perempuan dari pendaftar juga cukup berimbang yaitu 92 laki-laki dan 56 perempuan. Begitu pula dengan perbandingan antara pendaftar berusia muda dan tua juga cukup bagus.

"Sebagian besar pernah menjadi panitia pengawas lapangan (PPL) saat pilkada lalu. Perwakilan generasi muda juga cukup banyak. Pendaftar panwascam tidak lagi didominasi warga yang sebelumnya pernah menjadi panwascam," katanya.

Panwaslu Kota Yogyakarta juga meminta masyarakat untuk memberikan masukan dan tanggpan terhadap rekam jejak calon panwascam yang bisa disampaikan melalui surat elektronik, pesan singkat telepon atau datang langsung ke kantor Panwaslu.

Sedangkan dari hasil seleksi tertulis yang akan digelar di STIE Widya Wiwaha mulai pukul 09.00 WIB, akan dipilih enam peserta per kecamatan yang berhak mengikuti seleksi wawancara. "Kami akan memilih tiga peserta terbaik untuk ditetapkan sebagai panwascam," katanya. ***2***

(E013)