Polres Bantul libatkan 155 personel Operasi Zebra

id operasi

Polres Bantul libatkan 155 personel Operasi Zebra

Ilustrasi. (Foto Antara/Luky R/dok)

Bantul (Antara Jogja) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melibatkan 155 personel dalam Operasi Zebra Progo 2017 di wilayah itu pada 1 sampai 14 November 2017.

"Kegiatan ini kami laksanakan selama 14 hari dari 1 sampai 14 November 2017 dengan melibatkan 155 personel, baik di Polres maupun sampai dengan pelibatan polsek jajaran," kata Kapolres Bantul AKBP Imam Kabut Sariadi usai Gelar Pasukan di Polres Bantul, Rabu.

Menurut dia, kegiatan Gelar Pasukan tersebut dilaksanakan dalam rangka pelaksanaan Operasi Zebra Progo 2017, yang mana dalam kegiatan operasi bertema "Patuhi Peraturan Tertib Lalulintas" itu ada tiga subtansi atau tujuan.

Kapolres menjelaskan, tujuan yang pertama adalah dalam rangka bagi institusi Polri melaksanakan kegiatan penegakan hukum, khusus untuk pelanggaran dalam berlalu lintas.

"Kemudian juga bagaimana kita mengupayakan menciptakan kepatuhan masyarakat terhadap aturan yang berlaku dalam berlalu lintas dan terakhir menciptakan kesadaran masyarakat dalam berlalu lintas," katanya.

Kapolres mengatakan, dalam pelaksanaan kegiatan operasi zebra itu, Polres membagi para personel lalu lintas menjadi empat satuan tugas (satgas), yaitu satgas preemtif, satgas preventif, satgas penegakan hukum dan satgas bantuan.

"Dan ini semuanya kami libatkan dalam rangka untuk mengoptimalkan operasi yang dimaksud," kata Kapolres Bantul.

Sementara itu, kata dia, jenis pelanggaran lalu lintas yang akan ditindak tegas adalah seluruh pelanggaran yang menyangkut kesiapan kendaraan bermotor, berkaitan dengan hal itu pihaknya sudah bekerja sama dan bersinergi dengan instansi lain terkait kendaraan.

"Kemudian juga berkaitan dengan administrasi yaitu surat-surat kelengkapan termasuk dari kesiapan pengendara itu sendiri. Itu yang nanti kami jadikan sebagai sasaran pelaksanaan kegiatan tersebut," katanya.

Dalam kegiatan Gelar Pasukan, Kapolres Bantul juga melakukan pengecekan kondisi kendaraan operasional Satlantas Polres Bantul, baik roda dua maupun roda empat, untuk memastikan kesiapan dalam pelaksanaan Operasi Zebra.

KR-HRI
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024