Bregada se-DIy akan ziarah ke TMP Kusumanegara

id makam

Taman makam pahlawan Kusumanegara Yogyakarta (tmpnkusumanegara.blogspot.com)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Para pegiat seni keprajuritan atau Bregada Rakyat se-Daerah Istimewa Yogyakarta akan mengikuti acara "Ziarah Bregada Rakyat" ke Taman Makam Pahlawan Kusumanegara, Yogyakarta pada 8 November 2017.

Penggagas acara Ziarah Bregada Rakyat, Widihasto Wasana Putra di Yogyakarta, Senin, mengatakan acara ziarah yang akan berlangsung pukul 15.00 WIB itu untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dalam momentum menyambut hari pahlawan.

"Untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan dan mempertahankan kedaulatan Republik Indonesia," kata dia.

Menurut Widihasto, Para perwakilan dari puluhan group bregada dari lima kabupaten/kota diwajibkan mengenakan kostum bregadanya masing-masing dengan tidak membawa serta alat musik.

Selain untuk mengenang jasa pahlawan, Widihasto mengatakan "Ziarah Bregada Rakyat " ditujukan sebagai ajang silaturahmi diantara para penggiat bregada rakyat se DIY agar semakin terbangun jiwa persatuan dan kesatuan guna memperkokoh Negara Kesatuan Republik Indonesia berdasarkan Pancasila dan Bhineka Tunggal Ika.

"Kami berharap suri tauladan para pahlawan dapat dilanjutkan generasi penerus pada masa kini. Khususnya kalangan bregada yang menggeluti seni keprajuritan," kata dia.

Selain itu, lanjut Widihasto, acara ziarah ke TMP Kusumanegara juga dimaksudkan sebagai acara pengantar dari acara tahunan Festival Bregada Rakyat DIY 2017.

Festival yang akan digelar pada 26 November 2017 itu akan mengambil lokasi start di halaman kompleks kantor Pemerintah Kabupaten Kulon Progo dengan finish di Alun-Alun Wates.

"Festival bregada rakyat yang telah menginjak tahun ke-lima ini bakal diikuti 30 group bregada dari seluruh wilayah DIY dengan total peserta lebih dari 1.200 orang personil," kata dia.
L007

Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar