Taspen berikan santunan kematian atlet tenis Papua

id Taspen berikan santunan kematian atlet tenis Papua

Yogyakarta, (Antara Jogja) - PT Taspen (Persero) memberikan santunan bagi keluarga atlet tenis dari Papua Barat, Idul Pitri yang meninggal dunia saat mengikuti Pekan Olahraga Nasional Korps Pegawai Republik Indonesia XIV di GOR Amongrogo Yogyakarta, Rabu.

Bantuan santunan senilai Rp267.762.500 diserahkan langsung oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Asman Abnur didampingi Sekda DIY Gatot Saptadi, serta Direktur Operasi PT Taspen (Persero) Ermanza kepada perwakilan Pemda Papua Barat saat penutupan Pornas Korpri XIV tersebut.

"Sebagai peserta aparatur sipil negara (ASN), almarhum berhak mendapatkan santunan kematian, uang duka hingga asuransi kematian," kata Ermanza.

Menurut Ermanza, Idul Pitri (41) yang sebelumnya juga tercatat sebagai PNS di Dinas Pertanian Manokwari, Provinsi Papua Barat, merupakan salah satu atlet tenis terbaik dari Papua Barat yang dikirim untuk mewakili daerahnya dalam Pornas Korpri XIV.

Ermanza mengatakan kejadian yang dialami Idul Pitri merupakan murni kasus kecelakaan kerja karena almarhum meninggal pada saat tugas dinas.

"Kami berharap bagi seluruh PNS agar selalu menomorsatukan kesehatan dan keselamatan kerja serta memastikan perlindungan jaminan kesejahteraan sosial telah dimiliki baik pada masa aktif maupun pada saat pensiun nantinya," kata dia.

Pornas Korpri XIV diikuti 34 kontingen dari provinsi di seluruh Indonesia, 37 kontingen dari kementerian dan lembaga, serta diikuti 2.671 peserta atlet dan pelatih.

Juara umum peraih Piala Bergilir Presiden dalam ajang olahraga di kalangan PNS yang berlangsung 3-8 November di GOR Amongrogo Yogyakarta itu diraih oleh kontingen Jawa Barat yang memperoleh 7 emas, 6 perak, dan 5 perunggu, disusul Jawa Tengah yang membawa pulang 5 emas dan 6 perunggu.






(T.L007)