Sleman raih penghargaan Pandu Negeri 2017

id Sleman raih penghargaan Pandu Negeri

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun menerima penghargaan Pandu Negeri 2017 yang disampaiakn Boediono (Foto Humas Sleman) (Antara)

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta kembali mendapat penghargaan bergengsi pada 2017 yakni Anugerah Pandu Negeri 2017 kategori "Pemerintah Daerah dengan Kinerja dan Tata Kelola Sangat Baik".

"Sebelumnya pada 2017 Pemkab Sleman meraih Adipura dan Inagara Award, kini Pemkab Sleman meraih penghargaan Anugerah Pandu Negeri 2017," kata Kepala Bagian Humas Setda Kabupaten Sleman Sri Winarni, Minggu.

Menurut dia, penghargaan diserahkan mantan Wakil Presiden RI periode 2009-2014 Prof Dr Boediono MEc, didampingi Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Ketua Umum Dewan Penasihat Indonesian Institute for Public Governance (IIPG) kepada Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun di Financial Hall, Financial Club, Graha CIMB Niaga lantai 2, Jakarta , Jumat 10 November malam.

"Ketua Umum Dewan Pembina IIPG Sigit Pramono dalam kesempatan tersebut mengatakan bahwa APN merupakan ajang penghargaan tahunan untuk pemerintah provinsi, kabupaten dan kota di Indonesia yang memiliki kinerja dan tata kelola terbaik serta pemimpin inovatif yang berhasil melakukan terobosan dalam peningkatan pertumbuhan sosio-ekonomi melalui reformasi tata kelola," katanya.

Ia mengatakan, penilaian penghargaan ini dilakukan oleh Yayasan Pengembangan Tata Kelola Indonesia melalui IIPG terhadap kinerja 34 provinsi, 416 kabupaten dan 98 kota di Indonesia.

Penilaian meliputi dua aspek, pertama aspek performance yaitu pertumbuhan ekonomi, pengembangan manusia, dan "breakhtrough result" (transformative-Innovative).

Kedua yaitu aspek "governance" yang meliputi tata kelola keuangan, tata kelola pemerintahan dan anti korupsi.

Berdasarkan hasil penilaian independen yang didukung oleh tujuh penilai, enam pengarah dan lima juri didapatkan 53 nominasi pemerintah daerah dengan kinerja dan tata kelola kategori baik, sangat baik, terbaik, dan pemimpin inovatif.

Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun menyampaikan rasa syukurnya atas penghargaan yang diraih Pemkab Sleman dalam Anugerah Pandu Negeri 2017.

"Diharapkan dengan diraihnya penghargaan tersebut dapat terus mendorong dan memotivasi jajaran Pemerintah Kabupaten Sleman dalam meningkatkan kinerja dan tata kelola pemerintahan. Semoga diraihnya penghargaan ini dapat menjadi cambuk untuk terus meningkatkan kinerja dan pelayanan pada masyarakat dalam rangka memajukan Kabupaten Sleman," katanya.

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar