Pemkab Gunung Kidul akan luncurkan bantuan nontunai

id Bantuan nontunai

Pemkab Gunung Kidul akan luncurkan bantuan nontunai

Kabupaten Gunung Kidul (Foto Istimewa) (istimewa)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan meluncurkan bantuan program bantuan pangan nontunai pada 2018.

Kepala Bidang Kesejahteraan Sosial, Dinas Sosial Gunung Kidul Rumi Hayati di Gunung Kidul, Minggu mengatakan dari hasil koordinasi dengan Pemerintah DIY diketahui Gunung Kidul akan menerapkan bantuan pangan nontunai (BPNT) diberlakukan 2018.

"Tahun ini, kami melakukan sosiallisasi kepada masyarakat terkait BPNT," katanya.

Ia mengatakan selain sosialisasi kepada masyarakat salah salah satunya pembentukan Rumah Pangan Kita (RPK) yang merupakan tempat mengambil kebutuhan pokok oleh keluarga penerima manfaat.

"Kami juga tengah mengajak masyarakat untuk pembukaan RPK di setiap desa akan ada atau 144 desa, dan nanti warga penerima manfaat akan mendapatkan kartu untuk bertransaksi," katanya.

Rumi mengatakan nantinya kartu akan diperoleh dari Bank Mandiri yang sudah ditunjuk oleh pemerintah pusat.

"Jadi nanti masyarakat penerima manfaat tinggal meunjukkan kartu, namun yang untuk daerah internetnya kurang bagus tidak bisa akan digunakan cara konvensional," katanya.

Kepala Sub Bagian Kesejahteraan Sosial dan Pemberdaaan Masyarakat Bagian Kesra Sekretariat Daerah Gunung Kidul Suyono mengatakan program kupon pangan terdapat 88.267 keluarga penerima manfaat.

"Sebuah kartu yang setiap bulannya terisi uang sebesar Rp110.00 yang bisa digunakan membeli kebutuhan pokok di gerai RPK," katanya.

Ia mengatakan, barang yang bisa diberli beras, minyak dan gula. "Tidak sebatas beras jadi bisa memilih kebutuhan sesuai dengan harga yang ada," katanya.

(U.KR-STR)