Nelayan Gunung Kidul panen tangkapan ikan layur

id Nelayan Baron

Nelayan Gunung Kidul panen tangkapan ikan layur

Ilustrasi hasil tangkapan nelayan melimpah, dok (ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/ama/17)

Gunung Kidul (Antara Jogja) - Nelayan Pantai Baron, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, panen hasil tangkapan ikan layur dan beberapa jenis ikan lainnya selama tiga hari terakhir.

Salah seorang nelayan Pantai Baron Subaryono (47) di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan saat ini dirinya dan puluhan nelayan di Pantai Baron sedang menikmati panen layur.

Setiap hari rata-rata 40 kg ikan layur diperoleh per nelayan yang menggunakan perahu jukung.

"Bulan lalu sempat panen besar ikan layur, rata-rata bisa 100 kg sekali berangkat, lalu hilang, dan beberapa hari terakhir muncul lagi lumayanlah," katanya.

Ia mengatakan harga jual ikan layur per kilogram mencapai Rp40 ribu. Dirinya bersama dua rekannya bisa memperoleh Rp1 juta hingga Rp2 juta. "Sekarang banyak ikannya, tahun kemarin tidak ada ikannya," katanya.

Nelayan lainnya, Samidi (50) menambahkan dari pagi sampai sore hari dirinya mendapatkan puluhan kilogram layur. Saat ini ada juga ikan bawal, dan ikan kecil lainnya.

"Sekarang banyak nelayan menggunakan jaring ukuran besar untuk menangkap bawal, karena harganya lumayan tinggi," katanya.

Dia berharap cuaca tetap baik hingga beberapa pekan kedepan, sehingga nelayan masih bisa memperoleh ikan lebih banyak. Samidi mengatakan, jika saat paceklik ikan nelayan menggunakan kapalnya untuk perahu wisata penyebrangan.

"Cuaca saat ini normal, ombak cenderung kecil, dan biasanya berlayar sampai perairan Parangtritis," katanya.

Koordinator SAR Satlinmas Korwil II Gunung Kidul Marjono mengatakan pihaknya mengimbau kepada nelayan untuk tetap waspada dan tetap menjaga keselamatan saat berlayar.

"Kami mengimbau kepada nelayan untuk tetap menjaga diri, dan mempersiapkan pelampung jika sewaktu kejadian tidak diinginkan," katanya.

(U.KR-STR)