Sleman raih penghargaan Gerakan "100 Smart City"

id sleman

Sleman raih penghargaan Gerakan "100 Smart City"

Kabupaten Sleman (Foto Istimewa) (istimewa)

Sleman (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta meraih penghargaan dalam "Gerakan Menuju 100 Smart City 2017" dari pemerintah pusat dalam penutupan Tahap Pertama Gerakan Menuju 100 Smart City di Jakarta, Rabu.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan program `smart city` merupakan program jangka panjang sehingga dibutuhkan komitmen dan konsistensi dari pemerintah daerah dalam mengawal program-program yang sudah disusun.

"Program-program yang sudah dilaksanakan harus dilaksanakan terus. Dari tahun ke tahun sudah punya perencanaan yang tertuang dalam RPJMD, kami harus konsisten untuk melaksanakan. Kalau perlu nanti ditambah di sana-sini supaya lebih baik lagi," kata Sri Purnomo.

Menurut dia, pada 2017 Pemerintah Kabupaten Sleman telah merampungkan lima "quick win", yakni Satu Data UMKM, Smart Room, Lapor Sleman, Rumah Kreatif Sleman, dan Sleman Creative Space.

"Selain `quick win`, Kabupaten Sleman juga telah berhasil menyelesaikan masterplan pengembangan `smart city`. Sebagai komitmen Pemerintah Kabupaten Sleman, masterplan pengembangan `smart city` ini akan ditetapkan dalam peraturan bupati," katanya.

Ia mengatakan, setiap OPD diminta untuk mengirimkan program-program kreatifnya apa, program-program inovatifnya apa, kemudian program-program terkait smart citynya apa.

"Ini kami dorong semuanya. Dengan program smart city ini diharapkan pelayanan kepada masyarakat akan lebih inovatif, cepat, terukur, dan mudah," katanya.

Sebanyak 24 kota/kabupaten yang terpilih di tahap pertama "Gerakan Menuju 100 Smart City" telah berhasil menyusun masterplan pengembangan `smart city` yang berisi berbagai program masing-masing daerah sampai 10 tahun ke depan dengan mengoptimalkan pemanfaatan teknologi.

Selain masterplan, setiap daerah diwajibkan pula membuat program "quickwin" yang dapat segera dirasakan manfaatnya baik oleh masyarakat maupun pemerintah daerah. "Quick win" bisa menjadi gambaran bagi masyarakat mengenai efektivitas program "smart city".

Sebagai bentuk apresiasi kepada 24 kota/kabupaten yang telah menyelesaikan tahap pertama Gerakan Menuju 100 Smart City ini, pemerintah pusat menyelenggarakan acara Penutupan Tahap Pertama Gerakan Menuju 100 Smart City. Dalam penutupan ini, para pemimpin daerah termasuk Bupati Sleman mempresentasikan masterplan dan quick win yang sebelumnya telah disusun.

Dalam acara Penutupan Tahap Pertama Gerakan Menuju 100 Smart City ini, terdapat rangkaian acara lain, yakni pemberian penghargaan kepada 24 pemimpin kota/kabupaten yang telah menunjukkan komitmen untuk mendukung Gerakan Menuju 100 Smart City, termasuk kepada Bupati Sleman Sri Purnomo.

Gerakan Menuju 100 Smart City merupakan program bersama antara Kementerian Komunikasi dan Informatika, Kementerian Dalam Negeri, Kementerian PUPR, Bappenas, dan Kantor Staf Kepresidenan, yang bertujuan membimbing pemerintah kota/kabupaten dalam menyusun smart city masterplan.

Dengan gerakan ini pemerintah kota/kabupaten diharapkan dapat lebih maksimal dalam memanfaatkan teknologi baik dalam meningkatkan pelayanan masyarakat maupun dalam mengakselerasi potensi yang ada di masing-masing daerah.

V001
Pewarta :
Editor: Nusarina Yuliastuti
COPYRIGHT © ANTARA 2024