6.999 data keanggotaan parpol tidak memenuhi syarat

id 6.999 data keanggotaan parpol tidak memenuhi syarat

Kantor KPUD Bantul (Foto jogja.antaranews.com/Achmad Makhin/ags/14)

Bantul (Antara) - Sebanyak 6.999 data keanggotaan partai politik yang diserahkan ke Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta setelah dilakukan penelitian administrasi dinyatakan tidak memenuhi syarat.

"Dari jumlah data yang dimasukkan 14 partai sejumlah 18.392 data, yang memenuhi syarat dari seluruh partai itu berjumlah 11.393 data dan yang tidak memenuhi syarat 6.999 data," kata Ketua KPU Bantul Muhammad Johan Komara di Bantul, Kamis.

Menurut dia, disela acara Penyampaian Hasil Penelitian Administrasi atas berkas parpol calon peserta Pemilu 2019, data keanggotaan yang tidak memenuhi syarat mayoritas data ganda eksternal atau terdaftar di lebih dari satu parpol.

Kemudian data keanggotaan parpol yang dalam salinan kartu tanda penduduk (KTP) elektronik terdaftar sebagai PNS dan TNI/Polri, dan sebagian kecil data keanggotaan yang masih di bawah usia 17 tahun namun belum menikah.

Ia menjelaskan, data tidak memenuhi syarat itu ditemukan setelah KPU melakukan penelitian administrasi selama satu bulan sejak 17 Oktober sampai 15 November, setelah sebelumnya KPU Bantul menerima berkas dari parpol dari 1 sampai 16 Oktober 2017.

"Dan sesuai di Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilu, bahwa pada hari ini (Kamis) adalah penyerahan hasil penelitian administrasi, setelah kami melakukan klarifikasi data tersebut," katanya.

Johan mengatakan, setelah penyampaian hasil penelitian administrasi kepada semua penghubung parpol di Bantul, tahapan selanjutnya adalah KPU Bantul menerima penyerahan dokumen kekurangan atau perbaikan data yang tidak memenuhi syarat tersebut.

"Jadi sejak 18 November sampai 1 Desember, KPU Bantul menerima penyerahan dokumen bukti kekurangan, selama itu partai melakukan perbaikan administrasi. Kami terima mulai pukul 08.00 sampai 16.00 WIB, kecuali hari terakhir 1 Desember dari pukul 08.00 sampai 24.00 WIB," katanya.

Sementara itu, dalam acara penyampaian hasil penelitian administrasi kepada parpol itu juga dilaksanakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pendaftaran, Verifikasi dan Penetapan Parpol calon peserta Pemilu 2019 (perbaikan administrasi).***2*** (KR-HRI)

Pewarta :
Editor: Agus Priyanto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar