Anggota panwascam di dua kecamatan belum lengkap

id Panwascam

ilustrasi (istimewa)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Meskipun Panitia Pengawas Pemilu Kota Yogyakarta sudah melantik anggota panitia pengawas untuk 14 kecamatan, masih ada dua kecamatan yang belum memiliki anggota secara lengkap.

"Kecamatan dengan jumlah anggota panitia pengawas kecamatan (panwascam) yang masih kurang adalah Pakualaman dan Wirobrajan. Masing-masing masih kurang satu anggota," kata Koordinator Divisi SDM dan Organisasi Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Yogyakarta Noor Harya Aryosamudro di Yogyakarta, Jumat.

Satu dari tiga anggota panwascam untuk Kecamatan Pakualaman tidak dapat dilantik karena dinilai tidak memenuhi syarat, sedangkan satu anggota Panwascam Kecamatan Wirobrajan meninggal dunia usai mengikuti bimbingan teknis yang diselenggarakan setelah pelantikan.

Panwaslu Kota Yogyakarta, lanjut dia, akan melakukan konsultasi dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI melalui Bawaslu DIY terkait dengan kekosongan anggota panwascam di dua kecamatan tersebut.

Harsya menyebut konsultasi diperlukan agar Panwaslu Kota Yogyakarta tidak melakukan kesalahan atau melakukan pelanggaran aturan.

"Dimungkinkan, proses penggantian anggota panwascam membutuhkan waktu yang cukup lama. Tetapi kami akan berusaha semaksimal mungkin agar penggantian atau pengisian kekosongan anggota ini bisa dilakukan secepatnya," katanya.

Meskipun hanya diisi dua anggota panwascam, Harsya memastikan jika hal tersebut tidak akan berpengaruh pada kinerja pengawasan di wilayah.

"Masih bisa dirangkap. Untuk memberikan keputusan pun, membutuhkan masukan atau suara dari minimal dua anggota panwascam. Saya kira, tidak akan berpengaruh pada proses pengawasan," katanya.

Setiap kecamatan di Kota Yogyakarta seharusnya diisi tiga anggota panwascam. Pelantikan anggota panwascam untuk Pemilu 2019 di Kota Yogyakarta sudah dilakukan pada Selasa (14/11).

Ketua Panwaslu Kota Yogyakarta Iwan Ferdian mengingatkan bahwa tugas yang dihadapi panwascam menjelang Pemilu 2019 berat karena pemilu dilakukan serentak untuk pemilu legislatif dan pemilihan presiden.

Ia juga mengingatkan bahwa proses pengawasan tidak mengenal waktu sehingga setiap anggota panwascam dituntut untuk bisa bekerja secara profesional.

"Menjaga soliditas antaranggota panwascam juga sangat penting agar pengawasan bisa berjalan optimal," katanya.

(E013)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar