Kulon Progo adakan "Edukasi UMKM Go Online"

id UMKM

Proses pembuatan kerajinan serat alam dan vinyl di Bantul, DIY (Foto Antara/Hery Sidik)

Kulon Progo (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan Kementerian Komunikasi dan Informatika mengadakan kegiatan "Edukasi UMKM Go Online" untuk menciptakan strategi pemasaran secara online bagi produk UMKM setempat.

"Edukasi UMKM Go Online merupakan strategi bagaimana menciptakan strategi pemasaran secara online bagi UMKM yang saat ini sebagian masih dilakukan secara offline," kata Kasubdit Peningkatan Kapasitas Pemberdayaan TIK Kementerian Komunikasi dan Informatika Hari Hartono di Kulon Progo, Jumat.

Ia mengatakan edukasi ini diharapkan mampu mengubah cara pandang masyarakat tentang jual beli secara online yang lebih efisian karena dapat menekan biaya operasional dan biaya pemasaran.

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka mewujudkan program pemerintah menuju 8 juta UMKM serta meningkatkan perbaikan dalam sistem perekonomian di masyarakat," katanya.

Hari mengatakan Kemenkoinfo berkomitmen membantu pemasaran secara online agar lebih efisien dan mudah serta memiliki pangsa pasar yang lebih luas.

"Kemenkominfo memberikan fasilitasi kepada pelaku UMKM dalam pembuatkan website, subdomain berbasis Indonesia, selama 1 tahun secara gratis," katanya.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kulon Progo Sri Harmintarti menyambut baik adanya kerja sama dalam pemasaran online dan pihaknya mengajak dinas terkait agar dapat memanfaatkan fasilitas ini untuk mendukung program pemerintah menuju 8 juta UMKM go online.

"Para pelaku cukup antusias, apalagi persyaratan dan produk-produknya sudah dibawa sehingga bisa langsung diproses," katanya.

Dia berharap omzet penjualan akan terus meningkat sehingga mampu mendorong kemajuan usaha pelaku UMKM.

"Kami berharap penjualan online membuat omzet produk UMKM meningkat, perajin juga melakukan berbagai inovasi supaya produk mereka diminati pasar," katanya.


(U.KR-STR)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar