Bantul bangun taman hiburan rakyat di Gabusan

id gabusan

Bantul bangun taman hiburan rakyat di Gabusan

Pasar Seni Gabusan Bantul (antaranews.com) (antaranews.com)

Bantul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, membangun Taman Hiburan Rakyat Gabusan Square di Jalan Parangtritis, Gabusan, Kecamatan Sewon sebagai tujuan wisata baru bagi masyarakat setempat.

"THR (Taman Hiburan Rakyat) Gabusan Square dibangun untuk memajukan bidang ekonomi kreatif di Bantul dan merupakan lini usaha yang menjadi bagian perusahaan induk," kata Direktur PD Aneka Dharma Aditya Hera Nurmoko di Bantul, Minggu.

Menurut dia, THR Gabusan Square dikembangkan dengan memanfaatkan lahan milik Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bantul di wilayah Gabusan atau timur Pasar Seni Gabusan, Desa Timbulharjo yang secara resmi diluncurkan Bupati pada Sabtu (19/11) malam.

Ia mengatakan, THR itu juga menjadi bagian dari upaya pemda melalui Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam memajukan kawasan pasar seni, sebab tempat itu akan digunakan sebagai pusat seni, budaya, kuliner, kerajinan dan hiburan musik.

"Dari antusiasme masyarakat yang berpartisipasi sangat tinggi, dari data panitia yang sudah masuk ada 17 grup band orkes melayu, enam band pop, enam grup campursari serta enam kesenian lainnya," katanya.

Menurut dia, THR Gabusan Square itu juga memanfaatkan aset milik pemda yang tidak optimal, sebab lokasi THR tersebut sebelumnya mangkrak sekitar lima tahunan yang dimungkinkan karena kurang ada kolaborasi dengan dinas terkait.

"THR Gabusan Square ini tidak menggunakan APBD, pemda hanya menyediakan tempat dan fasilitas listrik. Untuk promosi dan pengelolaannya kami menggunakan sistem Kerja Sama Operasi (KSO) dengan pihak ketiga," katanya.

Sementara itu Bupati Bantul Suharsono mengharapkan keberadaan THR Gabusan Square bisa menjadi tempat hiburan bagi masyarakat untuk menikmati wisata budaya dan seni, ragam kuliner, cinderamata dan kerajinan khas.

Oleh sebab itu, Bupati mengharapkan THR Gabusan Square mampu menjadi taman hiburan murah bagi masyarakat di tengah modernisasi jaman, dan tentunya bisa terpromosikan di kalangan pelajar yang sekarang ini gencar dengan media sosialnya.

"Ini adalah peluang bagi kemajuan dan perkembangan THR Gabusan Square, pelajar tentunya akan bisa mempunyai peran besar dalam ikut mensosialisasikan keberadaan wisata THR Gabusan Square dengan dunia media sosialnya," katanya.

(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar