Kodim 0730 lakukan tes urine anggota TNI

id tes urine, anggota TNI

Kodim 0730 lakukan tes urine anggota TNI

Ilustrasi pemeriksaan tes urine (ANTARA FOTO/Ritzka Kurnia/kye/17.)

Gunung Kidul, 20/11 (Antara) - Jajaran Komando Distrik Militer 0730 Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, melakukan tes urine kepada anggotanya untuk pencegahan, pemberantasan, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba.

Komandan Komando Distrik Militer (Kodim) 0730/Gunung Kidul Letnan Kolonel Infanteri Muhammad Taufik Hanif di Gunung Kidul, Senin, mengatakan pencegahan bahaya narkoba membutuhkan keterlibatan semua pihak.

"Termasuk dari personel TNI, dan kami berupaya melakukan pencegahan baik melakukan sosialisasi maupun tes urine bagi anggota TNI," kata Taufik.

Dia mengatakan pihaknya pun selalu mengajak masyarakat dan anggota untuk menjauhi narkoba karena narkoba bisa merusak masa depan anak bangsa.

"Bersama rakyat TNI kuat, jangan sampai masyarakat dan anggota TNI mengonsumsi narkoba," katanya.

Pasi Intel Kapten Chb Timotius Subanu mengatakan, mengandeng petugas kesehatan dari Denkesyah 04-04-02 PPK TK I 0730/GK Klinik Pratama "Kartika" Kodim 0730/GK dan menunjuk 40 orang anggota Kodim 0730/GK baik perwira, bintara, tamtama dan ASN untuk mengikuti pengambilan sampel tes urine. Pada kegiatan ini juga diawasi dari pihak Provos kodim dan anggota intel.

Kegiatan digelar mulai pukul 07.15 WIB sampai 08.30 WIB di Ruang Data Kodim 0730/GK. "Kami memilih secara acak siapa saja yang akan menjalani tes urine. Total ada 40 orang yang menjalani tes urine," kata Subanu.

Dia mengatakan, 40 orang yang telah ditunjuk secara acak dan dicek dari personel kesehatan dinyatakan negatif dalam pengunaan narkoba.

"Semua anggota yang menjalani tes urine negatif narkoba," katanya.