Polda DIY ikut jaga stabilitas harga sembako

id sembako

Sembako yang dijual di pasar tradisional (Foto antaranews.com)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta melalui Satuan Tugas Pangan? akan membantu menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok di daerah ini menjelang Natal dan Tahun Baru 2018.

"Kami siap membantu menjaga ketersediaan bahan pokok dan stabilitas harganya menghadapi Natal dan Tahun Baru," kata Kepala Bidang Humas Kepolisian Daerah Istimewa Yogyakarta, Ajun Komisaris Besar Polisi Yulianto di Yogyakarta, Selasa.

Menurut Yuli, Rapat Koordinasi (Rakor) Satuan Tugas Pangan (Satgas Pangan) telah dilakukan mulai dari jajaran personel dari tingkat Polda, Polres, hingga Polsek lima kabupaten/kota bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) DIY, serta Badan Urusan Logistik (Bulog) Divre DIY, Badan Pusat Statistik (BPS), serta TPID DIY.

Namun demikian, khusus untuk menghadapi momentum libur panjang Natal hingga Tahun Baru, operasi yang akan dilakukan Satgas Pangan baru efektif pada 1 Desember 2017.

"Nanti 1 Desember kami mulai bekerja masif," kata Yuli.

Menurut dia, melalui Satgas Pangan, apabila menemukan adanya penimbunam atau pelanggaran distribusi pangan, Kepolisian telah menyiapkan sejumlah perundang-undangan untuk menjerat oknum yang bersangkutan.

"Yang jelas kami akan melakukan penegakan hukum bagi para pelanggar undang-undang hukum pidana," kata dia.

Kepala Bulog Divisi Regional DIY Miftahul Ulum?mengatakan pengawasan jalur distribusi pangan khususnya beras perlu dilakukan menjelang hari besar keagamaan atau libur panjang karena rawan terjadi manipulasi harga hingga penimbunan bahan pokok yang mengakibatkan gejolak harga di pasaran.

Oleh sebab itu, Bulog juga akan mengintensifkan pengawasan jalur distribusi kebutuhan pokok, khusus beras di DIY. "Kami berharap menjelang Natal jangan sampai ada gejolak harga khususnya beras," kata dia.***2***

(L007)


Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar