KPU Bantul tolak berkas pendaftaran Partai Republik

id partai republik

KPU Bantul tolak berkas pendaftaran Partai Republik

ilustrasi (antaranews)

Bantul, 23/11 (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menolak berkas pendaftaran calon peserta Pemilu 2019 yang diserahkan Partai Republik karena diserahkan setelah melewati batas waktu tahapan itu.

"Ada satu partai yang datang ke kantor KPU Bantul, Rabu (22/11) malam pukul 00.15 WIB untuk menyerahkan berkas, tetapi kami tolak karena sudah melewati pukul 24.00 WIB, yaitu Partai Republik," kata Ketua KPU Bantul Muhammad Johan Komara di Bantul, Kamis.

Menurut dia, sesuai putusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI tertanggal 16 November 2017, KPU kabupaten/kota diminta untuk menerima dokumen pendaftaran peserta Pemilu 2019 tahap dua, menyusul gugatan oleh sembilan parpol yang sebelumnya tidak lolos di Sistem Informasi Politik (Sipol).

Ia mengatakan, sesuai Surat Edaran (SE) KPU terbaru menyatakan bahwa penerimaan daftar nama anggota parpol serta salinan KTA dan KTP elektronik dari pengurus sembilan parpol pascaputusan Bawaslu dilayani dari 20 sampai 22 November.

"Penerimaan berkas dimulai dari 20 sampai 22 November, tanggal 20 dan 21 November dilayani sampai pukul 20.00 WIB, dan 22 November sampai 24.00 WIB. Tetapi karena kemarin datang pukul 00.15 WIB, dengan berat hati kami tolak," katanya.

Johan mengatakan, selaku penyelenggara pemilu di daerah hanya mematuhi aturan KPU pusat, meskipun pengurus Partai Republik beralasan harus mempersiapkan berkas dan mengumpulkan data anggota tetap tidak diterima, apalagi di awal sudah ada kelonggaran.

"Ya mereka (pengurus partai) berasalan harus mencari alamat dan lain-lain, kemudian siapkan berkas dan sebagainya, akan tetapi tidak bisa kita terima. Karena prosedur tahapannya sudah seperti itu," katanya.

Sementara itu, menurut dia, dari sembilan parpol yang sebelumnya menggugat ke Bawaslu, kata dia, di tingkat Kabupaten Bantul yang menyerahkan dokumen pendaftaran tahap dua ada lima partai, yaitu Partai Bulan Bintang (PBB), PIKA dan PKPI, Partai Rakyat dan Partai Idaman.

"Ada tiga partai yang sudah menyerahkan berkasnya pada awal pada 16 dan 17 Oktober yaitu PBB, PIKA dan PKPI, kemudian dua partai tambahan. Jadi dari sembilan parpol itu, ada lima partai yang menyerahkan berkas, yang empat tidak," katanya.

(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar