Dinas Perpustakaan dan kearsipan bangun diorama Sleman

id Perpustakaan

Dinas Perpustakaan dan kearsipan bangun diorama Sleman

Pengunjung Perpustakaan (Foto ANTARA)

Sleman (Antara) - Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berencana membangun Gedung Diorama Kabupaten Sleman terkait dengan perjalanan sejarah Kabupaten Sleman dari masa ke masa.

"Diorama tersebut akan memuat perjalanan sejarah Kabupaten Sleman dari zaman prasejarah. Jadi, penyusunan `storyline` ini merupakan langkah awal untuk membuat diorama," kata Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman Ayu Laksmidewi di sela seminar "Storyline" di Sleman, Jumat.

Menurut dia, dari "Storyline", akan terlihat rangkaian sejarah Sleman seperti apa yang akan dibahas di seminar ini bersama beberapa narasumber yang hadir,

"Keberadaan diorama di Kabupaten Sleman ini dianggap penting untuk menyelamatkan dokumen sejarah Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan bahwa pihaknya juga akan melakukan konsultasi dengan beberapa tokoh serta ahli sejarah untuk menyusun "storyline" tersebut.

"Kami berharap pembangunan diorama ini dapat terealisasi secepat mungkin. Diorama ini secara fisik mungkin sama dengan museum. Bedanya kalau diorama itu dilengkapi dengan dokumen-dokumen asli yang sah. Harapan kami diorama ini bisa mulai dibangun tahun depan," katanya.

Kepala Badan Perpustakaan, Arsip, dan Dokumentasi (BPAD) DIY Budi Wibowo yang turut hadir sebagai narasumber mengapresiasi langkah Pemerintah Kabupaten Sleman. Dalam hal ini, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sleman.

"Kabupaten Sleman merupakan pemerintah daerah pertama di DIY yang sudah memulai pembangunan diorama. Bagus sekali ini. Sleman memulai membuat diorama ini yang pertama di DIY. Bahkan, DIY saja baru mau mulai membuat diorama pada tahun 2018," katanya.

Seminar tersebut turut dihadiri Badan Keuangan dan Aset Daerah (BKAD) dan Badan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sleman.

Selain itu, hadir pula pada kesempatan tersebut Junno Mahesa dari CV Java Advertising selaku koordinator tim penyusun "storyline" sejarah Kabupaten Sleman, Prof. Dr.?Timbul Haryono, M.Sc. (dosen UGM), dan Darto Harmoko (pelestari cagar budaya DIY).

Acara diakhiri dengan penandatanganan berita acara penyerahan arsip yang sudah direstorasi antara Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sleman dengan Kepala Desa Girikerto, Kecamatan Turi Kabupaten Sleman.

Pada tahun 2017 telah ada 1.863 lembar arsip yang sudah direstorasi di Kabupaten Sleman.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024