PMI DIY jamin ketersediaan darah akhir tahun

id Stok darah

Ilustrasi Stok darah PMI Yogyakarta (Foto Antara)

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta menjamin ketersediaan darah aman pada akhir tahun yang bertepatan dengan momentum libur panjang Natal dan Tahun Baru.

"Persediaan darah aman sampai Desember 2017," kata Kepala Bidang Komunikasi dan Informasi Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Warjiyani di Yogyakarta, Senin.

Warjiyani mengatakan selain persediaan kantong darah aman, pada Desember 2017 masih akan ditambah dengan banyaknya lembaga atau instansi yang mengajukan pelaksanaan donor darah massal.

"Masing-masing instansi dan lembaga ada yang menargetkan 100 kantong hingga 1.000 kantog darah," kata dia.

Darah dari donor akan diproses dan dicek agar darah benar-benar aman saat diberikan kepada pasien.

Warjiyani menyebutkan untuk saat ini persediaan darah paling banyak di PMI Kota Yogyakarta mencapai 430 kantong darah, disusul Kabupaten Kulon Progo 225 kantong darah, Sleman 169 kantong darah, Gunung Kidul 153 kantong darah, dan Bantul 80 kantong darah.

Adapun persentase golongan darah, menurut dia, tidak jauh berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya yakni AB 8 persen, A 24 persen, B 30 persen, dan O 39 persen.

Selain memastikan ketersediaan darah, menurut Warjiyani, kesiapsiagaan seluruh relawan PMI DIY juga ditingkatkan menghadapi potensi bencana yang disebabkan cuaca ekstrem selama musim hujan.

Saat ini, kata dia, PMI DIY memiliki 4.793 sukarelawan yang tersebar di lima kabupaten/kota.

"Kesiapan seluruh relawan kami tingkatkan karena setiap ada peristiwa bencana kami harus selalu ada di depan. Dalam waktu maksimal 6 jam kami sudah ada di lokasi bencana," kata dia.***4***


(L007)

Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar