Polisi selidiki penyebab kecelakaan bus pariwisata

id polisi bus wisata

Polisi selidiki penyebab kecelakaan bus pariwisata

Ilustrasi (Foto antaranews.com) (antaranews.com)

Bantul, (Antara Jogja) - Kepolisian Resor Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta masih melakukan penyelidikan mengenai penyebab kecelakaan bus pariwisata Langsung Jaya yang menabrak bukit di Jalan Imogiri-Dlingo, Desa Wukirsari, pada Minggu (3/12) pukul 14.30 WIB.

Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasat Lantas) Polres Bantul AKP Imam Buchori di Bantul, Minggu, mengatakan, belum mengetahui penyebab pasti dari kecelakaan bus tabrak bukit yang mengakibatkan sejumlah penumpang tewas dan mengalami luka-luka.

Ia mengatakan, Unit Laka Polres Bantul masih memeriksa korban yang selamat dan melakukan olah tempat kejadian perkara (TKP) guna mengetahui penyebab kecelakaan bus pariwisata bernopol AD 1525 EF asal Solo Jawa Tengah itu.

Namun demikian, diduga kuat bus yang membawa sekitar 50 penumpang rombongan ibu-ibu dan anak-anak itu mengalami masalah rem, sehingga medan jalan yang berkelok-kelok dan turunan membuat laju bus tidak terkendali hingga menghantam bukit di sisi kanan jalan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun bus pariwisata yang mengangkut rombongan wisata ini dalam perjalanan dari kawasan Hutan Pinus Mangunan Dlingo menuju ke Pantai Depok Parangtrtis yang ada di Bantul selatan.

Sementara itu, untuk korban yang dipastikan meninggal ada dua orang masing-masing bernama Susilo dan Wahyudi, sedangkan korban yang mengalami luka-luka dibawa ke RSUD Panembahan Senopati Bantul dan Rumah Sakit Nur Hidayah Jetis.

Salah satu saksi mata, Rudiyanto (40) warga Padukuhan Lemah Abang Desa Mangunan Dlingo mengatakan, bus itu sebelumnya mengalami selib di wisata Watu Goyang, karena saat berpapasan dengan bus lain bus tersebut justru terperosok ke tanah.

"Tapi setelah berhasil dievakuasi bus itu lanjut perjalanan mau ke Pantai Depok. Namun kita dapat kabar kalau hantam bukit, bisa jadi karena masalah rem," katanya.

Adapun korban tewas merupakan kernet bus atas nama Wahyudi dan penumpang bernama Susilo, kernet tewas di tempat kejadian karena tergencet badan bus, sedangkan Susilo tewas terlempar keluar bus dan menghantam batu.

(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar