KPU : 10 parpol perbaiki berkas pendaftaran Pemilu

id KPU Bantul

Kantor Komisi Pemilihan Umum Kab. Bantul (Foto Antara/Mawaruddin/ags)

Bantul (Antara) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakart,a menyatakan sepuluh partai politik melakukan perbaikan berkas pendaftaran calon peserta Pemilu 2019 setelah berkas dinyatakan tidak memenuhi syarat.

"Pada tahap pertama ada sembilan partai yang berkasnya belum memenuhi syarat sehingga diberikan kesempatan untuk perbaikan hingga 1 Desember, namun ada 10 parpol yang memperbaiki, karena satu parpol ikut memperbaiki," kata Komisioner KPU Bantul Divisi Hukum Syachruddin di Bantul, Selasa.

Menurut dia, pada tahapan penyerahan berkas pendaftaran peserta Pemilu 2019 di KPU Bantul ada 14 parpol yang menyerahkan berkas, namun setelah diteliti hingga pertengahan November ada sembilan parpol belum memenuhi jumlah batas minimal 931 berkas.

Akan tetapi, kata dia, ada satu parpol yang setelah berkas diteliti administrasi memenuhi syarat jumlah melakukan perbaikan dengan menambah dokumen berupa salinan KTA dan KTP elektronik agar dokumen lebih banyak yaitu Partai Persatuan Pembangunan (PPP).

"Yang satu parpol itu sudah lolos administrasinya, sebenarnya kalau tidak perbaiki tidak apa-apa, tapi kalau perbaiki kita terima, kemudian ada beberapa parpol yang melakukan konsultasi ke kami," kata Syachruddin.

Ia mengatakan, terhadap berkas pendaftaraan yang diserahkan parpol pada tahapan perbaikan itu, akan diteliti kembali seperti pada tahapan sebelumnya, tahapan penelitian administrasi berkas perbaikan dilakukan sejak 2 sampai 11 Desember 2017.

"Setelah diberikan kami teliti lagi, kemudian setelah tahapan penelitian selesai tidak ada perbaikan lagi, sehingga hasilnya akan kami sampaikan ke KPU RI, yang berwenang menentukan nanti dari KPU RI, bukan KPU kabupaten," katanya.

Sementara itu, terkait partai yang menyerahkan dokumen pendaftaran pascaputusan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) RI tertanggal 16 November 2017, ada lima parpol, namun setelah diteliti administrasi, jumlah berkasnya tidak memenuhi syarat minimal keanggotaan 931 data.

Ia mengatakan, lima parpol itu jumlah berkasnya masih kurang banyak dari minimal, sehingga pengurus harus melakukan perbaikan dengan mencari anggota baru yang dibuktikan dengan dokumen berupa salinan KTA dan KTP elektronik jika mau ke tahapan selanjutnya.

"Ke lima parpol itu pada saat menyerahkan dokumen hanya kuantitasnya memenuhi jumlah, tetapi setelah kami teliti banyak tidak memenuhi syarat. Untuk yang tahap dua kami tunggu perbaikannya hingga 15 Desember," katanya.

(KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar