Sleman dan BORDA kerja sama pengelolaan sanitasi

id Sleman

Sleman dan BORDA kerja sama pengelolaan sanitasi

Branding Kabupaten Sleman "Sleman The Living Culture" (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto) (antara)

Sleman, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, bekerja sama dengan Bremen Overseas Research and Development Association (BORDA) mengadakan seminar terkait dengan pengelolaan sanitasi terpadu di daerah setempat, Jumat.

Perwakilan BORDA Purwanto mengatakan bahwa kerja sama antara BORDA Indonesia dan Pemerintah Kabupaten Sleman dalam rangka mewujudkan 100 persen pemenuhan akses air minum yang layak, 0 persen kawasan kumuh, dan 100 persen pemenuhan akses sanitasi layak di Kabupaten Sleman.

"Objek dari kerja sama tersebut adalah pengelolaan sanitasi terpadu berbasis masyarakat di Kabupaten Sleman," katanya.

Ia menyebutkan ruang lingkup kerja sama meliputi pengelolaan desentralisasi air limbah domestik, pengelolaan sampah domestik, dan lumpur tinja domestik.

Selain itu, juga mencakup pengamanan sumber air baku dan pengembangan SDM pengelola sanitasi.

Purwanto mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Sleman mulai 11 Juli 2017. Jangka waktu kerja sama tersebut selama 2 tahun terhitung sejak ditandatangani perjanjian kerja sama.

"Kerja sama ini dapat diperpanjang atas persetujuan kedua belah pihak. Perpanjangan akan diberitahukan 3 bulan sebelum berakhirnya jangka waktu perjanjian kerja sama," katanya.

Pemerintah Kabupaten Sleman bersama ?BORDA Indonesia juga menjadi anggota pendiri City Alliance Organisasi. Hal ini bertujuan mencari solusi terkait dengan pengelolaan air perkotaan dengan fokus khusus pada polisentris di perencanaan kota, di antaranya air, air limbah, sampah, dan lumpur tinja.

Forum pertama diadakan di Bangkok Thailand pada tanggal 11 dan 12 Oktober 2017 yang dihadiri oleh delapan negara Asia Tenggara.

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024