Ribuan warga DIY padati lokasi penanaman pohon

id Pohon

Ribuan warga DIY padati lokasi penanaman pohon

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) bersama Mentri Lingkungan Hidup, Siti Nurbaya Bakar (ketiga kanan) berjalan meninjau lahan kritis seusai menanam pohon jati saat acara Peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2017 di

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Ribuan warga Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, memadati lokasi peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia dan Bulan Menanam Nasional Tahun 2017 yang dilaksanakan di Desa Karangasem, Ponjong.

Salah satu warga Kecamatan Ponjong Sodik di Gunung Kidul, Sabtu, mengatakan dengan kedatangan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo ke Gunung Kidul dan melakukan penanaman pohon dapat meningkatkan ekonomi masyarakat ke depannya,

"Kami berharap dengan penanaman pohon di Gunung Kidul, ke depan membawa perubahan ekonomi warga dan lingkungan hidup menjadi sehat," harapnya.

Ia sangat bangga sebagai warga Gunung Kidul yang dikunjungi presiden. Ia berharap atas kunjungan presiden mampu menjadi semangat baru bagi warga untuk menanam pohon.

"Seumur hidup, saya baru sekali melihat presiden ke Gunung Kidul," katanya.

Kemudian, warga Ponjong Kaldiyem mengaku senang Presiden Jokowi ke Gunung Kidul. Dirinya berharap bisa berjabat tangan dengan presiden, namun tidak bisa masuk ke lokasi penanaman pohon.

"Saya mau salaman Pak Jokowi," katanya.
Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar mengatakan dari tahun ke tahun gerakan masyarakat menanam pohon terus meningkat.

"Kami bersyukur dukungan dan partisipasi masyarakat begitu tinggi. Termasuk kegiatan ini muncul dari usulan masyarakat," kata Siti Nurbaya.

Hal itu disampaikan Siti Nurbaya pada peringatan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan Bulan Menanam Nasional (BMN) Tahun 2017 yang dilaksanakan di Desa Karangasem, Ponjong, Gunung Kidul Provinsi DI Yogyakarta.

Siti mengatakan, gerakan menanam pohon juga bermunculan dari masyarakat bahkan muncul komunitas-komunitas seperti komunitas anak menanam pohon serta dari berbagai perguruan tinggi.

Lebih lanjut Siti mengatakan, pemerintah terutama KLKH juga terus bekerja sama dan mendorong berbagai pihak untuk ikut dalam gerakan menanam tersebut.

"Kita dorong kerja sama dengan Kemendikbud dan Kemenag serta dekan-dekan fakultas kehutanan di seluruh Indonesia," tambah dia.
(U.KR-STR/B)