Sleman raih penghargaan peduli HAM

id Sleman

Sleman raih penghargaan peduli HAM

Pemerintah Kabupaten Sleman (Foto Istimewa)

Sleman, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, mendapat penghargaan peduli hak asasi manusia (HAM) keempat kali yakni upaya pemda meningkatkan peran dan tanggung jawabnya dalam penghormatan, perlindungan, pemenuhan, penegakan, dan pemajuan HAM.

"Penghargaan diterima Bupati Sleman Sri Purnomo yang diserahkan Menteri Hukum dan HAM RI pada acara Peringatan Hari HAM Sedunia Ke-69, Minggu 10 Desember 2017 di hotel Sulton Solo," kata Kabag Humas Setda Kabupaten Sleman Sri Winarti, Minggu.

Acara ini juga dihadiri Presiden RI Joko Widodo, turut hadir mendampingi Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly, Kepala Staf Kepresidenan Teten Masduki, Menteri PU dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, dan Ketua KOMNAS HAM RI.

Menurut dia, pengahargaan tersebut diberikan atas kepedulian Pemkab Sleman atas tujuh hak, yakni hak yaitu hak kesehatan, hak pendidikan, hak perempuan dan anak, hak atas kependudukan, hak atas pekerjaan, hak atas perumahan yang layak dan hak atas lingkungan yang berkelanjutan.

"Pemkab Sleman sebelumnya telah menyampaikan berkas kebijakan dan pelaksanaan kegiatan tujuh hak di atas pada 2016, untuk diverifikasi di Biro Hukum, kemudian berjenjang ke Kanwil dan selanjutnya diteruskan ke Kementrian Hukum dan HAM yang akhirnya Sleman meraih penghargaan Peduli HAM," katanya.

Ia mengatakan, dari 515 kabupaten/kota se Indonesia 351 mengajukan data capaian terkait dengan pemenuhan HAM namun? hanya 232 masuk kategori peduli HAM dan 84 cukup peduli HAM.

Usai menerima penghargaan Bupati Sleman Sri Purnomo, melalui Kabag Humas Setda Kabupaten Sleman mengucap syukur atas pemberian penghargaan Peduli HAM dari pemerintah pusat.

"Dari awal Pemkab Sleman sudah memperhatikan dan berupaya mewujudkan tujuh hak-hak yang menjad hak warga dan semua diberikan pelayanan yang sebaik-baiknya untuk memenuhi hak masyrakat," katanya.

Ia mengatakan, dengan penghargaan ini Sleman akan berupaya mempertahankan dan meningkatkan komponen-komponen yang berhubungan langsung dengan pemenuhan hak-hak masyarakat Sleman.

Sebelumnya dalam acara tersebut Presiden Joko Widodo secara simbollis juga menyerahkan penghargaan kepada tiga gubernur dan tiga bupati/walikota yang diteruskan Menteri Hukum dan HAM penyerahannya.***2***


(V001)