Yogyakarta mulai pekerjaan pemulihan alun-alun utara pascasekaten

id Sekaten

Pembongkaran Stan Sekaten 2017 Beberapa stan permainan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2017 tampak sudah dibongkar di Alun-alun Utara Yogyakarta, Senin (11/12). Pasar Malam Perayaan Sekaten yang seharusnya selesai pada tanggal 3 Desember 2017 yan

Yogyakarta, (Antara Jogja) - Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta mulai melakukan pekerjaan pemulihan lahan Alun-Alun Utara Yogyakarta setelah penyelenggaraan Pasar Malam Perayaan Sekaten.

"Sudah dimulai hari ini secara bertahap. Pemulihan membutuhkan waktu sekitar empat hari," kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Yogyakarta Agus Tri Haryono di Yogyakarta, Senin.

Menurut dia, pekerjaan pemulihan Alun-Alun Utara Yogyakarta akan dilakukan dengan meratakan kembali lahan yang sebelumnya digunakan untuk mendirikan berbagai kios atau memasang berbagai arena permainan.

Sejumlah kios selama penyelenggaraan Pasar Malam Perayaan Sekaten biasanya menggunakan lantai dari susunan konblok atau berupa tatanan papan kayu.

"Kami lakukan bertahap dan menyesuaikan dengan kondisi cuaca karena dimungkinkan terjadi hujan yang bisa menghambat proses pemulihan lahan," kata Agus.

Ia menambahkan, proses pemulihan atau "landclearing" di Alun-Alun Utara dimungkinkan memanfaatkan tambahan alat berat apabila diperlukan.

Dana yang dianggarkan untuk pemulihan lahan Alun-Alun Utara Yogyakarta sekitar Rp50 juta. "Pekerjaan akan kami intensifkan saat seluruh pedagang sudah membongkar semua kios mereka," kata Kepala Seksi Pengawasan Bangunan Dinas Pekerjaan Umum Perumahan dan Kawasan Permukiman Yunita Rahmi Hapsari.

Penyelenggaraan Pasar Malam Perayaan Sekaten 2017 seharusnya hanya digelar selama tiga pekan yang berakhir pada 3 Desember. Namun, komunitas pedagang mengajukan permohonan ke Keraton Yogyakarta untuk memanfaatkan Alun-Alun Utara hingga 10 Desember sehingga pemulihan lahan baru bisa dilakukan awal pekan ini.

Sementara itu, Sekretaris Forum Komunikasi Komunitas Alun-Alun Utara Yogyakarta Yogyakarta Krisnadi mengatakan, pedagang Pasar Malam Perayaan Sekaten sudah mulai melakukan pembongkaran kios sejak Minggu (10/12) malam.

"Sudah tidak ada lagi aktivitas ekonomi hari ini karena pedagang mulai membongkar kios mereka. Alun-Alun Utara rencananya akan digunakan untuk kegiatan lain pada Selasa (12/12)," katanya. ***3***



(E013)



Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar