TPID: harga bahan pokok naik jelang liburan

id TPID: harga bahan pokok naik jelang liburan

TPID: harga bahan pokok naik jelang liburan

Ilustrasi, harga kebutuhan pokok di yogyakarta naik (ant/istw)

Bantul  (Antara) - Tim Pengendali Inflasi Daerah Daerah Istimewa Yogyakarta menyatakan harga kebutuhan pokok di tingkat pedagang pasar tradisional jelang liburan Natal 2017 dan Tahun Baru 2018 mengalami kenaikan.

"Untuk bahan pokok seperti cabai merah, beras, kemudian telur serta daging ayam dan sebagainya itu rata rata secara umum naik sekitar Rp1.000 sampai Rp2.000 per kilogram," kata anggota Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) DIY Deden Rohanawati usai memantau harga bahan pokok di Pasar Bantul, Selasa.

Menurut dia, pemantauan harga bahan pokok di pasar tradisional Bantul itu dilakukan bersama tim TPID dari Kabupaten Bantul guna guna mengetahui harga bahan pokok jelang Natal dan Tahun Baru 2017.

Deden yang juga Kepala Bagian (Kabag) Analisa Kebijakan Produktifitas Biro Administrasi Perekonomian Setda DIY ini mengatakan, kenaikan harga bahan pokok disebabkan karena cuaca atau musim hujan saat ini.

"Tetapi sebetulnya secara umum kenaikan harga bahan pokok masih wajar yang terjadi di pasar Bantul ini, tidak terjadi kenaikan yang cukup drastis," katanya.

Ia mengatakan kenaikan harga bahan pokok ini juga hampir sama dengan di Gunung Kidul, Kulon Progo dan Kota Yogyakarta, sebab sebelumnya TPID juga melakukan pemantauan di tiga pasar tiga daerah itu dan kenaikan rata-rata Rp1.000 sampai Rp2.000 per kg.

Deden mengatakan, kemudian untuk harga bawang merah dan bawang putih di tingkat pedagang pasar Bantul harganya cenderung stabil, ada yang mengalami penurunan namun juga ada kenaikan sekitar Rp1.000 per kg.

"Jadi ada yang turun juga ada yang naik. Tapi ini sesungguhnya sesuatu wajar, untuk daging stabil dan kita harapkan nanti sampai di akhir tahun. Dan semoga saja harga tetap stabil dan stok mencukupi," katanya.

Sementara itu, Kepala Bagian Administrasi Perekonomian Bantul Supriyanto Widodo yang juga anggota TPID Bantul mengatakan, harga beras IR2 minggu lalu rata-rata Rp9.000 naik menjadi Rp10.000 per kg pada minggu ini, sedangkan beras menthik wangi naik dari Rp11.000 menjadi Rp12.000 per kg.

Kemudian daging ayam potong dari sebelumnya Rp31.000 menjadi Rp32.000 per kg, kemudian cabai merah besar naik dari Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu per kg. Sedangkan harga bawang merah kecil stabil Rp15 ribu per kg, sedangkan bawang putih kating stabil Rp22 ribu per kg.***3*** (T.KR-HRI)