Gunung Kidul akan bangun tempat istirahat Tanjungsari

id tanjungsari

Gunung Kidul akan bangun tempat istirahat Tanjungsari

Icon Gunung Kidul Handayani (Foto Antara)

Gunung Kidul, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, akan membangun tempat istirahat seluas 4,5 hektare di Desa Ngestirejo, Tanjungsari, untuk wisatawan.

Camat Tanjungsari Rakhmadian Wijayanto di Gunung Kidul, Rabu, mengatakan tempat istirahat atau rest area ini akan dibangun di wilayah Pantai Krakal.

"Kami mendukung rencana pembangunan rest area di Pantai Krakal karena bisa meningkatkan pelayanan kepada wisatawan," katanya.

Dia mengatakan pembangunan rest area di sekitar kawasan wisata bisa mendukung perekonomian masyarakat setempat karena meraka bisa berjualan cenderamata dan kawasan yang digunakan parkir bus pariwisata bisa digunakan untuk mendukung transportasi yang ada di kawasan.

"Di sana bisa dimanfaatkan untuk perekonomian masyarakat seperti penduduk bisa menyiapkan angkutan umum pengangkut wisatawan yang ingin ke pantai lainnya, dan ini bisa mengurangi kemacetan," katanya.

Rakhmadian mengatakan pemerintah kecamatan sangat mendukung wacana pemkab untuk segera membebaskan lahan yang akan digunakan untuk rest area.

"Kami mendukung langkah pemkab karena bisa meningkatkan perekonomian penduduk, dan kami siap mendukung sosialisasi," katanya.

Sementara Kepala Dinas Pertanahan dan Tata Ruang Gunung Kidul Winaryo menyampaikan pihaknya belum selesai membebaskan lahan seluas 4,5 hektare, dan saat ini masih melakukan sosialisasi kepada masyarakat.

Kami masih melakukan sosialsiasi kepada masyarakat. Nantinya anggaran untuk pembebasan lahan Rp9,7 miliar," katanya.

Dia mengakui untuk pembebasan lahan menemui kendala diantaranya kepemilikan lahan di sertifikat sudah berbeda dengan pemilikan saat ini.

"Kami harus jeli dalam menyelesaikan pembebasan lahan. Targetnya akhir tahun ini selesai," katanya.

(U.KR-STR)