Bantul jamin ketersediaan elpiji selama Desember

id elpiji

Elpiji 3kg (Foto antaranews.com) (antaranews.com)

Bantul, (Antara Jogja) - Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjamin ketersediaan elpiji bersubsidi ukuran tiga kilogram di daerah ini selama Desember atau bulan yang bertepatan dengan liburan akhir tahun.

"Kami informasikan bahwa ketersediaan terkait distribusi elpiji di Bantul untuk Desember sudah dikondisikan agar tidak terjadi masalah kaitannya dengan hari besar Natal dan Tahun Baru," kata Kepala Bidang Sarana dan Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan Bantul, Yus Warseno di Bantul, Rabu.

Menurut dia, pada Desember bulan yang terdapat libur panjang hingga Natal dan Tahun Baru berdasarkan pengalaman tahun sebelumnya terjadi kenaikan permintaan pangan yang berimbas pada kenaikan konsumsi elpiji.

Ia mengatakan, untuk menghadapi hal itu, Dinas Perdagangan sebelumnya sudah berkomunikasi dengan PT Pertamina agar merespon kondisi itu dengan memberikan tambahan distribusi elpiji dari kuota reguler yang dialokasikan dalam sebulan.

"Dari Pertamina sudah merespons hal itu, dan bahwa alokasi elpiji reguler pada Desember ini sebanyak 694.680 tabung, dan untuk fakultatif yang digelontorkan awal bulan Desember sebanyak 43.680 tabung," katanya.

Yus Warseno mengatakan, bahkan untuk kuota fakultatif tambahan elpiji "melon" itu ketika nanti ada tempat yang kekurangan karena mungkin permintaan elpiji karena dampak wisatawan dan kuliner tersebut akan ditambah sebanyak 9.960 tabung.

"Jadi mudah-mudahan apa yang sudah diinisiasi oleh pihak Pertamina melalui agen dan pangkalan elpiji itu dapat mengkondisikan bahwa stok elpiji di Bantul aman, tidak ada gejolak di masyarakat," katanya.

Pihaknya kemudian berharap kepada pihak pangkalan elpiji atau pengecer elpiji tiga kilogram bisa menyampaikan informasi kepada Dinas Perdagangan ketika membutuhkan tambahan pasokan elpiji untuk memenuhi kebutuhan permintaan.

"Harapannya dari pangkalan bisa informasikan kondisi di lapangan agar bisa dicarikan solusi. Kalau untuk alokasi elpiji di Desember ini, kita belum hitung berapa kenaikannya dari November, namun alokasi dari Pertamina untuk Desember sebanyak itu," katanya.

(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar