KPU Bantul akan verifikasi faktual kepengurusan parpol

id Parpol

Ilustrasi (Foto antaranews.com) (antaranews.com)

Bantul, (Antara Jogja) - Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta akan melakukan verifikasi faktual terkait kepengurusan partai politik calon setelah tahapan penelitian administrasi partai politik peserta Pemilu 2019 selesai.

"Kami sudah sampaikan hasil penelitian administrasi ke KPU RI, dan nanti KPU RI akan umumkan partai mana saja yang lolos penelitian admnistrasi secara nasional, selanjutnya akan dilanjutkan verifikasi faktual," kata Ketua KPU Bantul Muhammad Johan Komara di Bantul, Kamis.

Menurut dia, tahapan verifikasi faktual kepengurusan parpol calon peserta Pemilu 2019 sesuai tahapan pelaksaan Pemilu direncanakan mulai 15 Desember 2017 sampai 7 Januari 2018, meski begitu pihaknya belum memastikan parpol apa saja yang diverifikasi.

Johan mengatakan, setidaknya sudah ada 14 parpol di tingkat kepengurusan Bantul yang berkasnya dinyatakan memenuhi syarat jumlah minimal 931 berkas dan sudah disampaikan ke KPU RI, Bawaslu dan pengurus parpol masing-masing.

"Verifikasi faktual ini tahapannya dari 15 Desember sampai 4 Januari, namun partai mana saja yang akan dilakuakan verifikasi faktual kepengurusan kita masih menungu dari KPU RI, karena yang berwenang memutuskan KPU RI," katanya.

Ia menjelaskan, dalam verifikasi faktual kepengurusan itu nantinya KPU akan mendatangi kantor masing-masing pengurus tingkat kabupaten untuk menanyakan terkait domisili kantor kemudian sampel 30 persen kepengurusan juga keanggotaan.

"Jadi selain kepengurusan juga verifikasi keanggotaan partai, kalau verifikasi faktual keanggotaan kita akan datangi anggota dengan metode sampling. Jadi kita sampling kita datangi dan tanyakan apakah yang bersangkutan sebagai anggota parpol," katanya.

Menurut dia, dalam tahapan verifikasi faktual kepengurusan dan keanggotaan parpol calon peserta Pemilu secara teknis dilakukan dengan menyesuaikan kondisi, sehingga nantinya prosesnya akan berjalan beriringan.

Ia mengatakan, 14 partai dinyatakan memenuhi persyaratan menjadi calon peserta Pemilu 2019 karena berkas persyaratan berupa salinan kartu tanda anggota (KTA) dan KTP elektronik atau surat keterangan jumlahnya lebih dari batas minimal 931 berkas.

"Dalam artian semuanya lengkap, penuhi batas minimal, hasil penelitian sudah kami sampaikan ke pengurus parpol masing-masing, dan kemudian hasilnya kami juga berikan kepada panwas (panitia pengawas), KPU DIY dan KPU RI.

14 parpol di Bantul yang memenuhi persyaratan itu terdiri lima parpol yang sejak awal memenuhi batas jumlah yaitu Partai Gerindra, Partai Golkar, Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Keadilan Sejahtera (PKS) dan PPP.

Sedangkan sembilan partai yang memenuhi syarat setelah melakukan perbaikan administrasi adalah Partai Berkarya, Partai Demokrat, Partai Garuda, Partai Hanura, Partai Nasdem, PDI Perjuangan, Partai Perindo, PKB dan Partai Serikat Indonesia (PSI).
(T.KR-HRI)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar