Pemkab Bantul : ketersediaan beras mencukupi akhir 2017

id beras

Pemkab Bantul : ketersediaan beras mencukupi akhir 2017

Ilustrasi cadangan pangan (Foto antaranews.com)

Bantul (Antara) - Pemerintah Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, menjamin ketersediaan beras yang terdapat di gudang maupun tingkat pedagang daerah ini mencukupi kebutuhan masyarakat setempat sampai akhir 2017.

"Untuk cadangan pangan di daerah kita khususnya beras itu masih tercukupi kebutuhannya sampai akhir tahun 2017," kata Kepala Bagian (Kabag) Administrasi Perekonomian Sekretariat Daerah (Setda) Bantul Supriyanto Widodo di Bantul, Kamis.

Menurut dia, ketersediaan bahan pangan khususnya beras yang ada di gudang Bulog Bantul untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Bantul yaitu beras operasi pasar tersedia sebanyak 6.476 ton, kemudian beras komersil tersedia 100 ton.

Dengan ketersediaan beras tersebut, menurut dia, masyarakat Bantul tidak perlu mengkhawatirkan terjadi kekurangan cadangan beras, meskipun pada Desember ini permintaan naik, namun tetap mencukupi kebutuhan permintaan.

Selain beras, kata dia, ketersediaan bahan pangan lain di Bulog yaitu gula pasir tersedia sebanyak 3.485 ton dan dalam proses pengiriman sebesar 100 ton, kemudian minyak goreng tersedia 6.655 liter dan dalam proses kirim sebesar 3.720 liter.

"Kemudian tepung terigu tersedia sebanyak 556 kilogram, daging sapi beku sebanyak 1.543 kilogram, dan di Bantul ini rumah pangan kita (RPK) sebanyak 138 unit," kata Supriyanto yang juga anggota Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Bantul ini.

Menurut dia, TPID ini fungsi adalah pemgendalian inflasi, namun kalau inflasi sendiri tidak mungkin nol persen, karena terdapat variasi dalam pergerakan harga kebutuhan pokok di pasar, khusunya komoditas yang punya pengaruh terhadap inflasi.

"Berdasarkan informasi dari BPS (Badan Statistik Pusat) Bantul itu inflasi di Bantul pada 2017 periode bulan Januari sampai Oktober kalau dikomulatif ada tiga persen, sementara kalau secara nasional 2,7 persen," katanya.

Sedangkan terkait harga kebutuhan pokok hasil pemantauan terakhir, untuk beras IR2 minggu lalu rata-rata Rp9.000 naik menjadi Rp10.000 per kg pada minggu ini, sedangkan beras menthik wangi naik dari Rp11.000 menjadi Rp12.000 per kg.

Kemudian daging ayam potong dari sebelumnya Rp31.000 menjadi Rp32.000 per kg, kemudian cabai merah besar naik dari Rp30 ribu menjadi Rp35 ribu per kg. Sedangkan harga bawang merah kecil stabil Rp15 ribu per kg, sedangkan bawang putih kating stabil Rp22 ribu per kg.

(KR-HRI)