Monjali menargetkan 50.000 kunjungan libur akhir tahun

id Monjali menargetkan 50.000 kunjungan libur akhir tahun 2017

Monjali menargetkan 50.000 kunjungan libur akhir tahun

Monumen Jogja Kembali Yogyakarta (Foto ANTARA.tv)

Yogyakarta - (Antara) - Manajemen Objek wisata Monumen Jogja Kembali atau Monjali menargetkan 50.000 pengunjung selama libur panjang akhir tahun yang bertepatan dengan momentum Hari Raya Natal dan Tahun Baru 2018.

"Kami yakin target itu tercapai karena sejak awal Desember tren kunjungan mulai meningkat," kata Kepala Bagian Umum Monjali Yudhi Prabowo di Yogyakarta, Jumat.

Yudhi mengatakan untuk menyambut momen libur panjang akhir tahun, Manajemen Monjali tidak melakukan persiapan khusus. Meski demikian, sejumlah kegiatan hiburan, seperti pentas musik akan disajikan untuk menyambut wisatawan.

"Untuk menyambut Tahun Baru 2018, di Taman Pelangi (kompleks Monjali) akan kami adakan pesata kembang api dan berbagai sajian musik lokal," kata dia.

Yudhi menyebutkan hingga saat ini jumlah kunjungan di Monumen Jogja Kembali mencapai 264.915 orang. Hingga akhir Desember 2017, ia optimistis jumlah kunjungan pada tahun ini yang ditargetkan mencapai 315.000 orang akan tercapai.

"Kami harapkan kunjungan terus meningkat. Untuk rata-rata kunjungan Desember bisa mencapai 1.500 hingga 2.000 orang per hari," kata dia.

Museum perjuangan seperti Monumen Jogja Kembali, menurut Yudhi, memiliki peran penting meningkatkan rasa nasionalisme generasi muda dengan menyajikan rangkaian sejarah perjuangan pahlawan melalui koleksi yang dimiliki.

"Kami sebagai petugas museum memiliki kewajiban menyampaikan sejarah perjuangan untuk membangun nasionalisme dan patriotisme generasi muda," kata dia.

Dia menyebutkan jumlah koleksi benda bersejarah yang ada di Monjali hingga saat ini belum ada penambahan, yakni sekitar 1.000 koleksi, termasuk diorama andalan yang secara keseluruhan menggambarkan situasi saat perang kemerdekaan sekitar 1945-1949 hingga Yogyakarta menjadi Ibu Kota Republik Indonesia.  ***1***(T.L007)