Pemkab pastikan tidak ada pengurangan kuota elpiji

id Elpiji

Pemkab pastikan tidak ada pengurangan kuota elpiji

Elpiji 3kg (Foto antaranews.com)

Bantul, (Antara) - Dinas Perdagangan Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta memastikan tidak ada pengurangan kuota elpiji bersubsidi ukuran tiga kilogram dari Pertamina untuk daerah ini pada bulan Desember 2017.

"Kalau seperti informasi dari koordiantor agen elpiji itu tidak ada pengurangan, Pertamina sama sekali tidak mengurangi jatah kaitannya dengan kontrak," kata Kepala Bidang Sarana dan Distribusi Perdagangan Dinas Perdagangan Bantul Yus Warseno di Bantul, Jumat.

Menurut dia, agen elpiji di setiap daerah dengan PT Pertamina itu mempunyai kontrak terkait dengan pasokan elpiji, dan selama tidak ada perubahan perjanjian kontrak atau karena suatu sebab tidak ada pengurangan kuota.

"Agen dengan Pertamina itu punya kontrak, jadi kalau memamg jumlahnya sekian ya akan dikucurkan sekian tidak ada pengurangan, jadi jatahnya tetap sesuai kontrak," kata Yus Warseno.

Akan tetapi, kata dia, jatah yang dialokasikan Pertamina ke daerah melalui agen setiap bulan tidak sama, karena sesuai kebutuhan pada waktu itu, meski begitu pihaknya tidak hafal detil alokasi elpiji Bantul dari Januari sampai November.

"Tapi tidak sama, dan kalau laporan itu setiap tanggal 10 bulan berikutnya, jadi kalau Desember ya laporannya Januari besok," katanya.

Ia mengatakan, karena pada Desember ini merupakan bulan yang bertepatan dengan libur sekolah dan akhir tahun yaitu Natal dan Tahun Baru, maka diprediksi permintaan elpiji meningkat dibanding bulan sebelumnya.

Untuk menghadapi hal itu, kata dia, Dinas Perdagangan sebelumnya sudah berkomunikasi dengan PT Pertamina agar merespon kondisi itu dengan memberikan tambahan distribusi elpiji dari kuota reguler yang dialokasikan dalam sebulan.

"Dari Pertamina sudah merespon hal itu, dan bahwa alokasi elpiji reguler pada Desember ini sebanyak 694.680 tabung, dan untuk fakultatif yang digelontorkan awal bulan Desember sebanyak 43.680 tabung," katanya.***1***



(KR-HRI)


Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024