Bantul siapkan kegiatan wisata liburan akhir tahun

id Bantul

Bantul siapkan kegiatan wisata liburan akhir tahun

Kabupaten Bantul (Foto Istimewa)

Bantul, (Antara Jogja) - Dinas Pariwisata Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta menyiapkan sejumlah kegiatan di kawasan objek wisata daerah setempat pada liburan akhir tahun 2017 guna meningkatkan daya tarik wisatawan.

"Untuk liburan akhir tahun nanti paling tidak ada festival koes plus-an di kawasan pantai selatan kemudian nanti juga ada penampilan grup band yang cukup ngtren dari Bantul," kata Plt Kepala Dinas Pariwisata Bantul Kwintarto Heru di Bantul, Jumat.

Selain penampilan musik tersebut, kata dia, pada pekan ketiga bulan Desember kemungkinan akan diluncurkan perahu wisata bantuan pemda di kawasan wisata Laguna Depok yang kemudian dilanjutkan dengan festival perahu.

"Itu harapan saya bisa menjadi salah satu daya tarik untuk orang-orang datang ke Bantul dengan suasana berbeda, kemudian ada kemungkinan dilakukan pesta kembang api pada menjelang pergantian tahun," katanya.

Kwintarto mengatakan, dengan sejumlah event wisata itu harapannya kawasan pantai selatan di sisi timur maupun sisi barat kunjungan wisatanya meningkat yang berdampak pada pendapatan asli daerah (PAD) sektor pariwisata.

"Untuk liburan akhir tahun kalau dari sisi pendapatan harapan saya ada kenaikan dibanding tahun sebelumnya. Angka pastinya kami belum prediksi, tetapi dari target yang diharapkan mudah-mudahan bisa melampaui," katanya.

Bahkan, kata dia, perolehan pendapatan dari penarikan retribusi wisata di semua objek wisata Bantul bisa melampaui dengan selisih sebesar Rp1,5 miliar dari yang ditargetkan sebesar Rp13,5 miliar selama 2017.

"Jadi kalau target kita sebesar Rp13,5 miliar itu sampai akhir tahun nanti harapannya bisa mencapai Rp15,5 miliar, harapan saya seperti itu dan mudah-mudahan tercapai," katanya.

Dengan demikian, lanjut dia, pihaknya tidak hanya sekadar bisa meyakinkan teman-teman lapangan bekerja lebih baik lagi, namun dalam rangka mengoptimalkan penarikan retribusi wisatawan saat kunjungan wisata meningkat.***1***


(KR-HRI)


Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2024