Menpora : pemuda harus siap tanggulangi bencana

id Menpora

Presiden Joko Widodo melakukan penanaman pohon pada acara Apel Kebangsaan yang diikuti unsur pemuda KOKAM dan Banser NU di komplek Candi Prbanan Sleman Sabtu 19 Desember 2017. (Foto Antara/ Victorianus Sat Pranyoto)

Sleman, (Antara Jogja) - Menteri Pemuda dan Olah raga Imam Nahrawi meminta pemuda Komando Kesiapsiagaan Angkatan Muda Muhammadiyah (KOKAM) dan Barisan Serbaguna NU (Banser) siap dalam penanggulangan bencana alam.

"Pemuda Tanggap Bencana KOKAM maupu Banser NU diharapkan bisa menyadari letak geografis Indonesia merupakan daerah rawan bencana dan siap menghadapi fenomena alam yang sewaktu-waktu bisa terjadi," katanya, sebelum Apel Kebangsaan di kompleks Candi Prambanan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu.

Menurut dia, kaum muda Muhammadiyah dan NU ini sengaja disiapkan menjadi relawan penanggulangan bencana.

"Jika sewaktu-waktu terjadi bencana maka mereka sudah siap," katanya.

Ia mengatakan, pemuda tanggap bencana merupakan salah satu isu yang dibahas dalam rangkaian acara sampai Minggu (17/12). Bagaimana menjaga kelestarian alamnya, dengan melakukan kegiatan penanaman pohon.

Selain itu dibahas pula masalah Yerusalem dan tantangan para pemuda menghadapu hoax, radikalisme, terorisme dan ancaman lain.

"Meskipun berbeda tapi bagaimana kita merayakan letak perbedaan itu," katanya.

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Victorianus Sat Pranyoto
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar