Sleman targerkan angka kemiskinan turun satu persen

id Miskin

Sleman targerkan angka kemiskinan turun satu persen

Ilustrasi (Istimewa) (istimewa)

Sleman, (Antara Jogja) - Pemerintah Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menargetkan angka kemiskinan di wilayah setempat dapat turun minimal sekitar satu persen pada 2018.

"Pemkab Sleman berharap agar angka kemiskinan pada tahun mendatang turun minimal satu persen setiap tahun, karena pada tahun sebelumnya kurang dari satu persen," kata Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun, Selasa.

Menurut dia, keberhasilan penurunan angka kemiskinan di Kabupataen Sleman tidak lepas dari Tim Penanggulangan Kemiskinan (TPK) baik di tingkat kecamatan, desa maupun tingkat padukuhan.

"Kami sangat mengapresiasi peran TPK di seluruh lapisan dalam membantu pengentasan kemiskinan di Sleman," katanya.

Ia mengatakan, apresiasi tersebut diwujudkan dalam "TPK Award" yang digelar tiap tahun kepada kader-kader TPK di Sleman.

"Di tahun mendatang TPK Award ini akan terus dilakukan agar angka kemiskinan di Kabupaten Sleman terus menurun di tahun tahun mendatang," katanya.

Sri Muslimatun mengatakan, yang tidak kalah pentingnya bahwa ilmu dari yang sudah berhasil agar diturunkan dan ditularkan kepada kecamatan, desa dan padukuhan yang lain.

"Angka kemiskinan di Sleman masih tingggi karena perbedaan antara yang kaya dan yang miskin cukup jauh, untuk itulah peran TPK agar jarak antara yang kaya dan miskin tersebut semakin pendek," katanya.

Kepala Dinas Sosial Kabupaten Sleman Sri Murni Rahayu mengatakan tujuan evaluasi dan pemberian TPK Award untuk memperoleh praktek terbaik (best practice) penanggulangan kemiskinan pada tingkat kecamatan, desa dan padukuhan.

"Selain itu untuk menumbuhkan motivasi dan isnpirasi seluruh pemangku kepentingan (stakeholders) penaggulangan kemiskinan di Kabupaten Sleman," katanya.

Sebanyak lima Kecamatan, lima desa dan lima padukuhan menerima penghargaan TPK Award 2017. Kelima kecamatan tersebut, juara I Kecamatan Kalasan, juara II Kecamatan Sleman, juara III Kecamatan Berbah, juara harapan I Kecamatan Tempel, dan juara harapan II Kecamatan Caangkringan.

Sedang untuk tingkat Desa juara I Desa Pandowoharjo Sleman, juara II Desa Tirtomartani Kalasan, juara III Desa? Bimomartani Ngemplak, juara harapan I Desa Wukirsari Cangkringan, dan juara harapan II Desa Purwobinangun Pakem.

Sementara untuk tingkat Dusun, juara I Padukuhan Karangtanjung Pandowoharjo Sleman, juara II Padukuhan? Krajan Tirtomartani Kalasan, juara III Padukuhan? Karanggeneng Purwobiangun Pakem, juara harapan I Padukuhan Nglengking Sendangrejo Minggir, dan juara harapan II Padukuhan Kromodangsan Lumbungrejo Tempel.

Para juara mendapatkan hadian berupa piala dan uang pembinaan.

(U.V001)
Pewarta :
Editor: Luqman Hakim
COPYRIGHT © ANTARA 2024