Gamplong juarai Festival Desa Wisata Sleman 2017

id gamplong

Gamplong juarai Festival Desa Wisata Sleman 2017

Desa Wisata Gamplong (jogja.antaranews.com)

Sleman (Antara) - Desa Wisata Gamplong, Desa Sumberrahayu, Kecamatan Moyudan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta berhasil meraih juara pertama pada ajang "Festival Desa Wisata Sleman 2017" yang berlangsung di kawasan objek wisata Tlogo Putri, Kaliurang, Pakem, Selasa.

Desa Wisata Gamplong yang merupakan desa wisata kerajinan tenun tersebut mengukuhkan dirinya sebagai desa wisata terbaik kategori desa wisata mandiri.

Sedangkan juara ke II diraih Desa Wisata Omah Domes, Kecamatan Prambanan dan, juara III Desa wisata Grogol, juara harapan I Desa Wisata Tanjung.

Puncak Festivak Desa Wisata Sleman 2017 ditandai dengan penyerahan hadiah oleh Bupati Sleman Sri Purnomo, juga Dirut Bank BPD DIY Bambang Setiawan, dan Ketua TP PKK Kabupaten Sleman Kustini Sri Purnomo yang juga Ketua Dekranasda Kabupaten Sleman.

Hasil juara Festival Desa Wisata Sleman tersebut hasil pencermatan dewan juri yang terdiri Erwan Widyarto dari Tim Media Kementerian Pariwisata sebagai ketua merangkap anggota, Sri Kustini, Tri Endah Yitnani, Guntur Eka Prasetya, Herwati, Esti Cemporaningsih dan Asikhah Eko Putranti.

Sedangkan untuk Kategori Desa Wisata Berkembang, juara I Desa Wisata Pancoh, juara II Desa wisata Kadisobo, juara III desa wisata Brajan, juara harapan I Desa wisata Garongan.

Kategori desa wisata Tumbuh, juara I Desa wisata Nganggring, juara II desa wisata Dukuh, juara III desa wisata Sangurejo dan juara harapan I desa wisata Temon.

Pada kesempatan tersebut juga diserahkan bantuan program CSR dari Bank BPD DIY sebesar Rp100 juta yang diserahkan Dirut Bank BPD DIY dan diterima Bupati Sleman, selanjutnya diserahkan Kepada Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Sleman Sudarningsih.

Juga diserahkan bantuan untuk SD Denggung sebesar Rp25 juta dari Bank BPD DIY.

Bupati Sleman Sri Purnomo mengatakan saat ini Kabupaten Sleman banyak menerima penghargaan, termasuk penghargaan wisata baru terpopuler dalam anugerah Pesona 2017 yaitu Tebing Breksi.

"Oleh karena diharapkan di Kabupaten Sleman akan tumbuh tempat-tempat wisata baru. Dengan berkembangnya desa wisata baru maka akan mendongkrak perekonomian di kabupaten sleman dan tentu mampu menyerap tenaga kerja," katanya.

(V001)
Pewarta :
Editor: Hery Sidik
COPYRIGHT © ANTARA 2024