Parpol baru optimistis lolos verifikasi faktual

id parpol

Parpol baru optimistis lolos verifikasi faktual

Ilustrasi (Foto infobanua.co.id) (infobanua.co.id)

Yogyakarta (Antara Jogja) - Partai politik baru yang harus menjalani kewajiban verifikasi faktual mengaku optimistis lolos seluruh tahapan yang ditetapkan oleh KPU untuk bisa menjadi peserta Pemilu 2019.

"Kami optimistis lolos, bahkan menargetkan memperoleh masing-masing dua kursi di tiap daerah pemilihan di Kota Yogyakarta," kata Ketua DPD Partai Persatuan Indonesia (Perindo) Kota Yogyakarta Wigit Adi Sasoko di sela verifikasi faktual di Kota Yogyakarta, Rabu.

Menurut dia, partainya sudah melakukan berbagai persiapan untuk menjalani berbagai tahapan yang harus dilalui, salah satunya memastikan bahwa setiap data yang disampaikan sebagai syarat pendaftaran sudah benar.

"KPU Kota Yogyakarta juga memberikan informasi yang cukup jelas terkait pemenuhan syarat pendaftaran," kata Wigit.

Pada saat pendaftaran, Perindo menyerahkan 1.316 data keanggotaan, namun setelah dilakukan penelitian administrasi hanya ada 930 data keanggotaan yang dinyatakan memenuhi syarat.

Saat ini, KPU Kota Yogyakarta sedang melakukan proses verifikasi faktual terhadap partai politik calon peserta Pemilu 2019. Di Kota Yogyakarta, dari 11 parpol yang memenuhi syarat pada tahap penelitian administrasi, hanya ada dua partai politik yang harus menjalani proses verifikasi faktual yaitu Partai Perindo dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Keduanya adalah partai baru yang belum pernah mengikuti Pemilu 2014.

Sedangkan partai politik lama hanya perlu melakukan proses penelitian administrasi.

KPU mengawali proses verifikasi faktual dengan melakukan pencocokan data terkait domisili kantor, susunan kepengurusan hingga pemenuhan 30 persen keterwakilan perempuan di kepengurusan partai.

"Untuk aspek kepengurusan, kantor dan keterwakilan perempuan sudah memenuhi syarat. Selanjutnya, kami akan melakukan verifikasi faktual terhadap keanggotaan partai," kata Komisioner KPU Kota Yogyakarta Sri Surani usai melakukan verifikasi di Kantor DPD Perindo Yogyakarta.

KPU Kota Yogyakarta akan melakukan verifikasi faktual terhadap 93 anggota Partai Perindo dan 44 anggota Partai Solidaritas Indonesia (PSI). Penentuan sampel verifikasi dilakukan secara acak.

"Karena dipilih secara acak oleh sistem, maka domisili anggota partai yang akan diverifikasi tidak merata di seluruh kecamatan," kata Surani.

Proses verifikasi faktual terhadap keanggotaan partai akan dilakukan mulai Kamis (21/12) setelah KPU Kota Yogyakarta mengajukan izin dan pemberitahuan kegiatan melalui kecamatan.

Seluruh proses verifikasi faktual akan dilakukan hingga 4 Januari 2018 dan hasilnya akan disampaikan langsung ke KPU RI. 

(U.E013)
Pewarta :
Editor: Mamiek
COPYRIGHT © ANTARA 2024